Dark/Light Mode

Pidato Perpisahan Di Kemenko Polhukam

Mahfud Dilepas Dengan Syahdu

Sabtu, 3 Februari 2024 08:18 WIB
Mahfud MD berfoto bersama para jurnalis yang meliput di kantor Kemenko Polhukam. (Foto: Instagram Mahfud)
Mahfud MD berfoto bersama para jurnalis yang meliput di kantor Kemenko Polhukam. (Foto: Instagram Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehari setelah mundur, Mahfud MD masih datang ke Kantor Kemenko Polhukam di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (2/2/2024). Di sana, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pamitan sekaligus menyampaikan pidato perpisahan. Setelah itu, Mahfud dilepas pegawai MK dengan syahdu.

Mahfud tiba di kantor Kemenko Polhukam pagi-pagi sekali. Tampilannya santai, jaket tipis berwarna abu-abu. Agenda pertamanya dimulai dengan jalan santai keliling Monas. Selesai jalan santai, Mahfud lanjut senam pagi di halaman kantor Kemenkopolhukam. Seluruh pejabat dan pegawai, hadir berolah raga bersama Mahfud. 

Usai senam, Mahfud menyampaikan pidato perpisahan. Dalam pidatonya, Mahfud meminta, pejabat maupun pegawai di Kemenko Polhukam untuk bisa menjaga netralitas dalam Pemilu 2024. Ia meminta, pegawai Kemenkopolhukam tidak mengarahkan masyarakat untuk memilih siapa. Kata dia, memilih siapa saja.

"Jangan terbawa oleh arus karena kekuasaan itu bergilir, kekuasaan itu bergilir, pasti ada saatnya akan akan terjadi pergantian," ujar Mahfud.

Baca juga : Pamitan, Mahfud Minta Pegawai Kemenko Polhukam Netral

Mahfud turut meminta mereka bersikap biasa jika bertemu dengannya di luar. Sebab, ia mengingatkan, mereka merupakan abdi negara, sedangkan dia datang sebagai Cawapres. 

Terakhir, Mahfud mewanti-wanti agar mereka fokus bekerja dengan baik dan senantiasa menjaga Indonesia. "Itu semangatnya harus sama menjaga NKRI yang besar ini. Jangan dikotori kerakusan-kerakusan karena kemerdekaan ini telah jadi berkah bagi kita," kata Mahfud. 

Sesmenko Polhukam, Letjen Teguh Pudjo Rumekso merasa kehilangan dengan kepergian Mahfud. Kata dia, suasana olah raga sebenarnya semangat, bergembira. Begitu juga musiknya yang menghentak-hentak. 

“Tetapi ada satu perasaan yang kita rasakan, rasa sedih yang sangat mendalam, apalagi yang sudah 4,5 tahun. Karena kita tahu, selama saya mendampingi dan bekerja dengan beliau, beliau adalah sosok yang kepada staf itu sosok yang membimbing. Jadi suasana kerja ini serasa nyaman,” kata Teguh.

Baca juga : Mahfud: Kalau Macet Sana Sini, Saya Lempar Ke Wartawan, Beres

Kata Teguh, Mahfud merupakan, sosok yang sederhana, mempunyai karakter, dan integritas. “Saya banyak belajar di sini. Apalagi saya background militer yang saya tidak dapatkan dalam pendidikan. Ini adalah satu pengalaman yang luar biasa bagi saya,” katanya. 

Terakhir, Teguh mendoakan Mahfud. "Semoga Bapak Mahfud MD selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, dan tercapai apa yang dicita-citakan oleh beliau,” ucapnya. 

Setelah itu, Mahfud menemui wartawan. Ia menyampaikan, apresiasi tinggi atas kerja sama yang diberikan awak media selama menjalankan tugas sebagai Menko Polhukam.

Lalu siapa yang akan menggantikan Mahfud? Presiden Jokowi belum memutuskannya. Mantan Wali Kota Solo itu minta publik menunggu 1-2 hari. 

Baca juga : KPU Simulasi Pilpres Dengan Empat Capres

"Kan masih kemarin sore (Mahfud mundur). Beri waktu sehari, dua hari, atau tiga hari lah," kata Jokowi, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (2/2/2024).

Saat ditanya lagi siapa yang akan menggantikan Mahfud, Jokowi enggan berkomentar banyak. Begitu juga perihal latar belakang pengganti Mahfud, apakah dari kalangan akademisi, profesional, atau partai politik. 

Sementara, Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Jokowi telah menerbitkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Mahfud dari jabatan Menko Polhukam. Jokowi kemudian menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menko Polhukam.

"Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," ujar kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.