Dark/Light Mode

Kembalikan Independensi KPK, Ganjar Tawarkan Tiga Solusi

Jumat, 9 Februari 2024 17:57 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berbincang dengan eks Ketua KPK Abraham Samad. (Foto: YouTube/ Abraham Samad)
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berbincang dengan eks Ketua KPK Abraham Samad. (Foto: YouTube/ Abraham Samad)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menawarkan tiga solusi untuk mengembalikan independensi KPK. Tiga solusi itu adalah regulasi, sistem kelembagaan, dan aktor terbaik yang memimpin institusi itu.

"Yang paling penting dilakukan adalah merevisi Undang-Undang KPK," kata Ganjar, saat berbicara pada Podcast Speak Up yang dikelola Abraham Samad, pada Jumat (9/2/2024).

Baca juga : Jalan Pagi Sambil Blusukan di Manahan, Ganjar Disambut Hangat Warga Solo

Menurut Ganjar, Undang-Undang KPK sekarang ini memudahkan lembaga antikorupsi itu dikooptasi. Ganjar lalu mengungkap peristiwa seorang bupati yang kena operasi tangkap tangan (OTT), lalu mendapat penundaan pemeriksaan usai menyatakan dukungan kepada salah satu paslon. 

“KPK kalau sudah diberikan independensi tidak boleh dikooptasi oleh siapa pun, dan oleh kelompok mana pun,” tegas Ganjar.

Baca juga : Optimalkan SDM-SDA, Ganjar Siap Jayakan Kaltim Untuk Indonesia

“Maka, sekarang menjadi guyonan. Iya kan? Kalau mau selamat dukunglah itu. gitu Jadi maksud saya, ini kan sinikal,” tambah Ganjar. 

Pada Podcast yang berdurasi satu jam itu, Ganjar juga mengemukakan pentingnya tindakan pencegahan korupsi pada setiap lini. Menurutnya, keteladanan pucuk pimpinan merupakan kunci dari pencegahan korupsi dan hal berbau fraud lainnya.

Baca juga : Ajak Pendukung Prabowo Makan Siang, Ganjar: Kalau Dimarahin, Saya Belain

“Maksud saya pencegahan kan mesti dilakukan dengan apa? Keteladanan dari pemimpin tertinggi, ya teladan. Yang kedua, pemimpin tertinggi tangannya mau basah, mau kotor, karena apa? Karena dia mau mengawasi dengan turun langsung,” tegas Ganjar. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.