Dark/Light Mode

Resmikan UMKM Progresif Riau, Mahfud Janji Jalankan Ekonomi Inklusif

Senin, 29 Januari 2024 15:16 WIB
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD di Pekanbaru. (Foto: TPN-Ganjar Mahfud)
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD di Pekanbaru. (Foto: TPN-Ganjar Mahfud)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menghadiri peresmian gerai UMKM Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif), di Riau, Senin (29/1/2024). Dalam acara tersebut, Mahfud janji akan berdayakan UMKM dan jalankan ekonomi inklusif. 

Acara peresmian UMKM Progresif digelar di Sultan Kopi Tiam, Tampan, Kota Pekanbaru. Hadir Wakil Ketua TPN Gatot Eddy Pramono dan Ketua TPD Riau, Suwandi. 

Dalam sambutannya, Mahfud bangga dengan kegiatan home industry emak-emak di bawah naungan Progresif. Apalagi produksinya dikemas dengan baik dan bagus. Kata Mahfud, ketika Covid-19 melanda 2 tahun lebih, ekonomi negara hampir lumpuh. Tetapi, ekonomi rakyat hidup karena ada gotong royong.

Baca juga : Temui Tokoh Adat Melayu Di Riau, Mahfud Janji Usung Pembangunan Berkeadilan

"Sifat saling menolong, ini jadi ciri khas bangsa kita. Sakit saling tukar menukar makanan. Tetap protokol kesehatan, tapi ekonomi rakyat tumbuh," tuturnya.

Ekonomi yang sejahtera, berkecukupan, melalui gerakan Progresif ini, menjadi bukti Indonesia bisa maju bersama. Bukan maju sendiri karena persaingan yang tidak sehat. "Sikap saling gotong royong harus dipelihara. Insya Allah kalau Tuhan memberi izin, kami akan perhatikan pengembangan UMKM," kata Mahfud.

Selanjutnya, Ganjar-Mahfud akan mengusung ekonomi inklusif. Yakni kegiatan ekonomi yang melibatkan sebanyak-banyaknya masyarakat. Tidak hanya segelintir orang yang kolutif dan koruptif. Masyarakat yang tidak mampu, dibantu dengan pemberdayaan, dikerjakan oleh seluruh rakyat, yang membayar dan dibayar sama-sama bermartabat.

Baca juga : Aktivis Lingkungan Kemah Indonesia Sebut Mahfud MD Salah Data Soal Deforestasi

"Jadi sebanyak 65 juta UMKM, kalau dikerjakan dengan serius, ekonomi akan tumbuh, tidak hanya bergantung pada suntikan dana pinjaman dari luar negeri," tuturnya.

Direktur Wilayah Progresif Riau, Mashuri menyatakan, gerakan ini adalah inisiasi Ketua TPN Arsjad Rasjid. Keberpihakan kepada UMKM, kata dia perlu digalakkan. Sebab, pondasi ekonomi sesungguhnya adalah UMKM yang tahan kondisi global dan mampu mengurangi pengangguran serta menyumbang pertumbuhan ekonomi.

"Jumlah UMKM kita ada 65 juta. Ini kalau maksimal dikelola, akan menumbuhkan ekonomi. Di Riau juga jumlahnya puluhan ribu," kata Masuri.

Baca juga : Koleksi 3 Angka, Timnas Indonesia Bayar Tunai Janji Kalahkan Vietnam Malam Ini

Dikatakan, untuk menuju Indonesia Emas 2045, tak harus menyerahkan semuanya ke Pemerintah. Semua pihak harus sama-sama memperjuangkan. Namun, peran pimpinan nasional juga amat penting.

"Mari kita serahkan kepercayaan ini kepada Ganjar-Mahfud. Kami yakin akan lebih baik. Prof. Mahfud akan menciptakan regulasi yang baik untuk UMKM agar tercapai program 17 juta lapangan kerja," yakinnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.