Dark/Light Mode

Imbau Semua Pihak Terima Hasil Pemilu, Ketum Kowani: Ini Pesta Demokrasi

Jumat, 16 Februari 2024 23:23 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua umum Kowani Giwo Rubianto bersyukur, proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari lalu berjalan dengan aman dan tertib.

Ketua umum organisasi federasi perempuan terbesar dan tertua di Indonesia yang mewadahi 103 anggota organisasi dengan 97 juta anggota perempuan itu pun mengimbau masyarakat untuk menerima hasilnya.

“Apa pun hasilnya, siapa pun yang terpilih nantinya, kita harus dan wajib untuk menghargai, karena inilah pesta demokrasi, kita harus menerima dengan baik,” ujar Giwo dalam siaran pers, Jumat (16/2/2024).

Dia mengungkapkan, masyarakat senang dan antusias menyambut pesta demokrasi lima tahunan ini.

Mereka dengan ikhlas kembali ke kampung halamannya dengan merogoh kocek sendiri demi ikut mencoblos, berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini.

Baca juga : Redam Kenaikan, Bulog Gelontorin Bansos Beras

“Sungguh ini merupakan hal yang luar biasa. Ini menunjukkan pesta demokrasi berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Giwo pun memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Juga, tak lupa, kepada seluruh petugas yang sudah mengawal jalannya Pemilu.

“Ini merupakan salah satu wujud ikhtiar kita, oleh karena itu bagaimanapun hasilnya semoga semua bisa diterima dengan lapang dada untuk kemenangan rakyat, kemenangan Indonesia,” ingat Giwo.

Selain itu, Giwo juga mengingatkan amanat para founding mother yang diberikan kepada Kowani pada tahun 1935.

Baca juga : Prabowo Terima 4 Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia, TKN: Pertanda Demokrasi Kita Diakui

Yakni, sebagai pendidik utama dan pertama, para perempuan Indonesia harus memberikan contoh, menjadi panutan yang baik bagi anak-anak, serta keluarga dan masyarakat.

Salah satunya, dengan memberikan edukasi dan menjaga sportivitas dalam Pemilu ini.

“Jangan mudah menerima dan ikut menyebarkan informasi yang tidak valid atau hoax sehingga membuat situasi menjadi panas. Pemilu ini sudah berjalan dengan sangat baik,” tegasnya.

Giwo berpesan, harmoni persatuan harus senantiasa dijaga. Jangan sampai pesta demokrasi ini memecah belah bangsa.

Sebab, Pemilu ini merupakan rangkaian proses untuk membawa kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Baca juga : Viral! TPS Serba Pink Bertema Valentine Di Bali, 100 Pemilih Awal Dapat Cokelat

“Kita tunjukkan sikap dan kepribadian bangsa yang baik dan nasionalis,” ajak Giwo.

Selain itu, Giwo juga berharap, banyak calon legislatif perempuan yang terpilih, baik di tingkat DPR, DPD, maupun DPRD tingkat 1 dan 2.

“Dengan begitu, suara dan aspirasi kaum perempuan dapat terwakilkan, berorientasi kepada perlindungan dan hak perempuan dan anak serta kelompok rentan,” tandas Giwo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.