Dark/Light Mode

Kata Jokowi Soal Kabar Reshuffle Hingga Pelantikan AHY Dan Hadi Tjahjanto Besok

Selasa, 20 Februari 2024 19:35 WIB
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu reshuffle kabinet kembali menguat. Tapi kali ini kabarnya menyasar dua kementerian, satu di antaranya adalah pos yang ditinggalkan oleh Mahfud MD.

Presiden Jokowi membenarkan kabar tersebut. Ia mengatakan prosesi pelantikan menteri baru akan digelar besok pagi, sekitar jam 10.00 WIB.

"Besok ditunggu saja jam 10," kata Jokowi usai menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2).

Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta ini masih enggan menyebutkan siapa saja yang akan dilantik besok.

Baca juga : Ini Tanggapan Jokowi, Soal Rencana PDI Perjuangan Jadi Oposisi

Dari informasi yang beredar, reshuffle ini dilakukan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Menko Polhukam yang ditinggalkan oleh Mahfud Md, yang mengundurkan diri saat kampanye sebagai calon wakil presiden awak Februari lalu.

Pos yang ditinggalkan Mahfud itu, kabarnya akan diisi oleh Hadi Tjahjanto, yang saat ini menjabat sebagai Menteri ATR/BPN.

Sementara posisi Hadi di ATR/BPN kabarnya akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Lalu, siapa Hadi Tjahjanto?

Baca juga : Saran Teco Soal Lemahnya Penyelesaian Akhir Striker Timnas Indonesia

Hadi Tjahjanto bukanlah figur baru dalam lingkungan pemerintahan Presiden Jokowi. Sebelum menduduki jabatan Menteri ATR/BPN, Hadi telah menjabat sebagai Panglima TNI. Posisinya sebagai Menteri ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil.

Hadi memiliki pasangan hidup bernama Nanik Istumawati. Dari pernikahannya, mereka diberkahi dua anak, yakni Hanica Relingga Dara Ayu dan Lettu Pb Handika Relangga Bima Yogatama.

Karier militer Hadi di TNI AU sangat gemilang. Lulus dari Akademi Angkatan Udara pada tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada 1987, ia melanjutkan pendidikan militer di Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (1995), Sekolah Instruktur Penerbangan (1999), College Interarmes De Defence (Sesko Perancis) (2001), Sekolah Staf dan Komando TNI (2009), serta PPSA Lemhannas (2015).

Perjalanan kariernya dalam dunia militer dimulai sebagai perwira penerbang di Skadron 04 Lanud Abdurahman Saleh. Selanjutnya, Hadi menduduki berbagai jabatan penting seperti Danlanud Smo, Kadispenau, Danlanud Abdurahman Saleh, dan Irjen Kemhan RI.

Baca juga : Memperbanyak Angkutan Permukiman di Jabodetabek

Dari Januari 2017 hingga 2018, Hadi menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara, kemudian pada tahun 2021, ia menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia. Hadi adalah Panglima TNI kedua yang berasal dari Angkatan Udara setelah Djoko Suyanto.

Seiring kariernya di dunia militer, Hadi meraih berbagai penghargaan prestisius, termasuk Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Dharma, Bintang Kartika Eka Paki Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Buwana Paksa Nararya, SL. Kesetiaan 8 Tahun, 16 Tahun, 24 Tahun, Dharma Nusa, SL. Gom IX Rasaka Dharma (Papua), SL. GOM VIl (Aceh), SL. Wira Nusa, SL. Wira Dharma, SL. Wira Siaga, SL. Dwidya Sistha, dan SL. Bhakti Sosial.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.