Dark/Light Mode

Budiman Bicara Penyusunan Kabinet Prabowo

Jokowi Diposisikan Sebagai Penasihat

Sabtu, 24 Februari 2024 08:00 WIB
Presiden Jokowi bersama masyarakat usai meresmikan Bendungan Lokal di Boolang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). (Foto: Biropers)
Presiden Jokowi bersama masyarakat usai meresmikan Bendungan Lokal di Boolang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). (Foto: Biropers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Karena sudah dinyatakan menang Pilpres versi quick count sejumlah lembaga survei, kubu Prabowo-Gibran sudah bicara postur kabinet. Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan, dalam penyusunan kabinet Prabowo nanti, Presiden Jokowi akan diposisikan sebagai penasihat.

Awalnya, Budiman menanggapi poster berisi bocoran susunan kabi­net Prabowo-Gibran yang beredar viral di jagat X. Eks politisi PDIP itu, memastikan, bocoran kabinet dalam poster tersebut, hoaks.

Budiman juga memastikan, sampai saat ini, belum ada pembicaraan soal penyusunan kabinet. "Saya beberapa kali bertemu Pak Prabowo, tidak pernah berbicara soal itu. Dengan Mas Gibran juga tidak pernah seperti itu," kata Budiman, di kawasan Tebet, Jakarta, Jumat (23/2/2024).

Baca juga : Bawaslu Belum TemukanPelanggaran Bersifat TSM

Budiman mengungkapkan, pi­haknya masih fokus menyiapkan berbagai program Prabowo-Gibran. Soal penunjukkan menteri, kata Budiman, kewenangan Prabowo-Gibran dan parpol koalisi.

Budiman juga ikut mengomentari wacana Jokowi yang akan dilibatkan dalam penyusunan kabinet Prabowo nanti. Menurut dia, penilaian terse­but sebagai hal yang wajar.

Kata Budiman, semangat Prabowo-Gibran adalah melanjutkan program pemerintahan Jokowi saat ini. Karena itu, wajar kalau Jokowi akan dilibatkan dalam penyusunan kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Baca juga : DKI Punya Stok Beras 30 Ribu Ton Di Gudang

"Saya pikir, Pak Jokowi akan punya posisi yang mungkin lebih sifatnya penasihat, advisory. Saya kira, itu wajar-wajar saja," ujarnya.

Budiman yakin, Prabowo akan mendengar masukan dari Jokowi dan parpol koalisi.

Senada disampaikan Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wi­bowo. Kata dia, Prabowo dan Gibran punya kewenangan penuh untuk menentukan menteri-menteri yang akan membantu kerja. Meski begitu, Dradjad yakin Jokowi akan dimintai nasihat dalam menyusun kabinet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.