Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gibran Sodorkan Ide Bentuk Kementerian Urusan Makan Gratis

Jumat, 23 Februari 2024 08:30 WIB
Cawapres nomor urut 03, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Facebook Gibran)
Cawapres nomor urut 03, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Facebook Gibran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo-Gibran berjanji akan segera merealisasikan janji-janji kampanye pasca dilantik jadi presiden dan wakil presiden. Salah satunya soal makan siang dan susu gratis. Untuk melancarkan program itu, Prabowo- Gibran berencana membentuk Kementerian baru.

Makan siang gratis merupakan program unggulan pasangan calon Prabowo-Gibran. Program ini ditaksir bakal merogoh APBN senilai Rp 450 triliun, termasuk susu gratis. Karena itu, perlu ada pembentukan Kementerian khusus yang mengurusnya.

“Iya, sudah dibicarakan (pembentukan kementerian baru dengan Prabowo),” kata Gibran, di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (22/2/2024).

Baca juga : AHY Langsung Tancap Gas

Untuk membahas ini, Gibran mengaku akan bertemu Prabowo. “Nanti malam (semalam) saya ketemu (Prabowo). Ada beberapa bahasan. Nanti saya kasih tahu bahasannya apa,” ujar Gibran.

Soal pembentukan kementerian urusan makan gratis ini sempat disinggung oleh Wakil Ketua Dewan . Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN)  Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko. Budiman malah menyebutnya Kemenko baru bukan sekadar kementerian, supaya program ini segera terlaksana

“Prabowo-Gibran merencanakan program ini akan dibangun dengan format kolaborasi para pemangku kepentingan di sektor industri pangan nasional. Maka, tidak tertutup kemungkinan dibentuk Kemenko khusus untuk program ini,” sebut Budiman kepada wartawan, Rabu (21/2/2024).

Baca juga : Soal Hak Angket Pemilu, Mahfud: Mendukung Nggak Ada Gunanya Kalau DPR Nggak Mau

Kendati demikian, Budiman menegaskan, rencana ini masih dalam bentuk pembahasan. Belum bisa dipastikan. “Ini masih ide-ide yang sudah disampaikan, masih belum diputuskan,” tegas Budiman.

Lebih lanjut, mantan politisi PDIP itu menjelaskan, setidaknya ada beberapa kementerian yang akan terlibat dalam koordinasi dan implementasi program, yakni Kementerian Pertanian, Kementerian Desa, Kementerian UMKM dan Koperasi, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan.

“Apakah akan dibentuk badan sendiri, apakah Kemenko yang ada dialihfungsikan, apakah Kemenko yang ada, lalu ditambah fungsinya, itu masih belum diputuskan,” tuturnya.

Baca juga : Mau Jadi Menteri Bu? Saya Di Jatim Saja...

Senada dikatakan Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Dradjad Wibowo. Dia mengungkapkan, pembentukan instansi baru yang mengurusi program makan siang gratis masih dalam rencana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.