Dark/Light Mode

AP II Jamin Ketersediaan Slot Time Rute Jakarta-Silangit, Sukseskan F1 Powerboat

Minggu, 25 Februari 2024 08:52 WIB
Para delegasi F1 Powerboat disambut dengan adat Batak. (Foto: AP II)
Para delegasi F1 Powerboat disambut dengan adat Batak. (Foto: AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para pembalap dan kru tim F1 Powerboat mulai berdatangan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII Silangit, Tapanuli Utara. Mereka disambut dengan adat Batak di bandara, yang hanya berjarak 30 menit dari venue F1 Powerboat di Balige ini. Di antaranya dengan empersembahkan tarian Tor-Tor dan mengalungkan ulos kepada para tamu.

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Cin Asmoro, mengatakan, para delegasi yang terdiri dari beberapa pembalap, kru tim, dan perwakilan H2O dijadwalkan tiba di Silangit mulai 24 Februari hingga 1 Maret 2024.

"Total, bandara menyambut sekitar 176 orang delegasi F1 Powerboat dari berbagai negara,” ujar Cin Asmoro.

Selain Bandara Raja Sisingamangaraja XII, bandara lain yang dikelola AP II turut menyambut delegasi dan wisatawan dari berbagai negara untuk menonton balapan jet air ini.

Karena, sebagian delegasi F1 Powerboat ini transit terlebih dahulu di Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Halim Perdanakusuma, dan Bandara Kualanamu Deli Serdang.

Baca juga : Ini Kegunaan Rontgen Gigi untuk Si Kecil, Orang Tua Tak Perlu Khawatir

“Sebagian besar transit terlebih dahulu untuk kemudian menuju Silangit," lanjutnya.

Sebagai bentuk dukungan pada ajang tersebut, AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan di rute Jakarta-Silangit

Saat ini, terdapat 4 maskapai yang melayani rute tersebut, dengan total 5 penerbangan setiap harinya. Yakni Super Air Jet, Citilink, Batik Air dan AirAsia. Setiap harinya, terdapat total 5 penerbangan Jakarta - Silangit dan 5 penerbangan Silangit - Jakarta. 

"Kami pastikan slot time untuk itu tersedia,” jelasnya.

Sementara itu di Bandara Kualanamu juga tersedia shuttle bus menuju Parapat yang dioperasikan oleh sejumlah perusahaan otobus. 

Baca juga : Ajeungan Muda dan Santri di Karawang Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, berharap para pembalap bisa menikmati perjalanannya serta mendapatkan pengalaman yang mengesankan selama di Indonesia.

Dia bilang, InJourney dan juga para pemangku kepentingan akan berusaha untuk menyajikan event F1Powerboat yang terbaik, sehingga para pembalap dapat berkompetisi dengan kondusif dan para penonton bisa menikmati event olahraga air internasional ini. 

"InJourney menyampaikan selamat datang di Indonesia untuk para pembalap F1Powerboat dan juga para krunya," ucapnya.

Executive General Manager Bandara Raja Sisingamangaraja XII Ardon Marbun mengatakan pihaknya menggelar penyambutan terhadap seluruh delegasi F1 Powerboat yang tiba di bandara. Penyambutan dilakukan langsung setelah para delegasi turun dari pesawat. 

“Mereka disambut dengan tari Tor Tor yang merupakan tarian suku Batak. Ini untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada para delegasi yang berasal dari berbagai daerah. Setelah itu para delegasi dikalungi ulos yang merupakan kain tenun khas Batak," ucapnya.

Baca juga : Komit Jaga Kedamaian Ibu Kota, Gibas DKI Jakarta Dilantik

Para delegasi, sebutnya terlihat antusias dan mengikuti gerakan tari Tor Tor. Ia berharap penyambutan ini juga bisa memberikan experience terbaik dan melengkapi kegiatan mereka selama di Danau Toba.

Lebih lanjut, Ardon Marbun mengatakan para delegasi dan wisatawan mancanegara juga dapat menjumpai replika Rumah Bolon langsung di bandara. 

“Rumah Bolon adalah rumah tradisional Batak Toba, dan di bandara ini kami menghadirkan replika Rumah Bolon berdimensi 2,8 meter x 4,8 meter yang dibangun dengan material kayu,” jelas Ardon Marbun. 

Di Bandara Raja Sisingamangaraja XII, AP II juga menghadirkan ornamen seni Gorga yang merupakan seni khas masyarakat Batak Toba serta secara rutin menampilkan pertunjukan musik lokal lengkap dengan alat musik tradisional yang dimainkan oleh seniman lokal.

AP II berharap kebudayaan dan kesenian yang ditampilkan di Bandara Raja Sisingamangaraja XII juga dapat semakin memperkuat rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.