Dark/Light Mode

Pelanggan Makin Puas

PLN UID Jakarta Raya Sukses Implementasikan 100 Persen Smart Meter AMI

Selasa, 31 Oktober 2023 10:16 WIB
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran melakukan penyalaan smart meter AMI ke-175.100. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)
General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran melakukan penyalaan smart meter AMI ke-175.100. (Foto: Dok. PLN UID Jakarta Raya)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN terus meningkatkan pelayanannya. Salah satu bentuknya, melakukan 100 persen penggantian kWh meter pascabayar menjadi smart meter Advanced Metering Infrastructure (AMI). 

Terobosan yang dilakukan wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bandengan, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya ini menjadi sangat berarti di tengah Hari Listrik Nasional ke-78 yang dirayakan 27 Oktober lalu.

Sebanyak 175.100 smart meter telah dipasang menggantikan kWh meter pascabayar yang lama. Ini merupakan salah satu bentuk transformasi digital untuk layanan kelistrikan yang sedang digencarkan PLN.

Baca juga : Pemda Provinsi Jabar Raih Dua Penghargaan Implementasi SPBE 2023

Dalam kurun waktu 125 hari, proses penggantian smart meter AMI di PLN UID Jakarta Raya terlaksana dengan baik. Dengan kehadiran smart meter AMI, penggunaan energi listrik pelanggan dapat dilakukan dan diketahui PLN dari jarak jauh.

Sistem komunikasi digital ini membuat hasil baca meter menjadi lebih akurat dan tentunya akan lebih menjaga privasi pelanggan. Sebelumnya, PLN mencatat pemakaian listrik konsumen secara manual dengan mendatangi rumah ke rumah.

Saat melakukan penyalaan smart meter AMI yang ke-175.100 di daerah Pekojan, Bandengan Utara, General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran mengungkapkan, implementasi penggantian smart meter AMI telah 100 persen dan terlaksana dengan baik

Baca juga : Jelang Pemilu, Fakultas Psikologi UIN Jakarta Gelar Seminar Identitas Politik

"Alhamdulillah, PLN UID Jakarta Raya telah menyelesaikan penggantian sebanyak 175.100 smart meter AMI dalam kurun waktu 125 hari. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pelanggan yang telah proaktif mendukung terlaksananya program ini dengan baik. Senang sekali hari ini saya bisa melakukan penyalaan smart meter AMI yang ke-175.100," tutur Lasiran, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (31/10).

Salah satu pelanggan PLN, Tri, mengaku senang dengan program penggantian smart meter AMI ini. Karena dirinya kini tidak perlu takut kalau kWh meter dirumahnya tidak terbaca.

"Sekarang setiap bulan tidak ada lagi yang datang catat meter ke rumah. Jika ada padam listrik di rumah, PLN juga langsung mengetahuinya. Terima kasih PLN," ungkap Tri.

Baca juga : PLN UID Jakarta Raya Dorong UMKM Binaan Ramaikan Inacraft 2023

Smart meter AMI telah didukung dengan sistem komunikasi dua arah antara PLN dan pelanggan yang berbasis Internet of Things (IoT). Smart meter AMI bisa mengukur secara real time. Selain akurat dan privasi yang lebih terjaga, keunggulan Smart Meter AMI lainnya adalah monitoring pemakaian energi listrik oleh pelanggan dapat dilakukan secara real time.

PLN juga dapat lakukan deteksi dini pemadaman dan gangguan sehingga lebih cepat teratasi. Smart meter AMI bisa terintegrasi dengan layanan PLN lainnya melalui PLN Mobile.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.