Dark/Light Mode

Berbaju Loreng, Ma`ruf Merasa Muda

Selasa, 29 Oktober 2019 06:32 WIB
Wapres Maruf Amin saat menghadiri penutupan Mubes Pemuda Pancasila di Jakarta, Senin (28/10). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
Wapres Maruf Amin saat menghadiri penutupan Mubes Pemuda Pancasila di Jakarta, Senin (28/10). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin tampil gagah kala menghadiri penutupan Musyawarah Besar Pemuda Pancasila di Hotel Sultan, Jakarta, kemarin.

Mengenakan baju loreng orange yang dipadukan dengan celana panjang hitam, eks Rais Aam PBNU itu, merasa muda lagi.

"Di depan para pemuda, saya merasa kembali muda. Tapi bukan umurnya yang kembali, umur tidak bisa kembali. Tapi semangatnya yang harus kembali,” ujar Ma’ruf, saat memberikan sambutan.

Di acara ini, Ketua Umum MUI Pusat nonaktif itu, memang tampil penuh percaya diri. Bahkan ketika baru masuk tempat acara, Ma’ruf jalannya tegap dan mantap. Tidak kalah gagahnya dengan Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Baca juga : Jadi Wapres Ke-13, Ma`ruf Amin Tak Takut Sial

Saat memberikan sambutan, Ma’ruf menekankan, tentang semangat kepemudaan. Semangat Sumpah Pemuda. “Artinya orang muda yang menyadari pentingnya ke-Indonesiaan, persatuan, dan kebangsaan,” katanya.

Ma’ruf menambahkan, apapun perjuangannya, baik dakwah maupun politik, harus berada dalam bingkai Pancasila.

“Maka semangat kita harus terus bagaimana mengawal Pancasila, supaya Pancasila tetap aba di. Ini saya kira semangat ini tidak boleh pudar,” tutupnya.

Di kesempatan itu, Ketua Umum Pemuda Pancasila, Japto Soerjoseomarno memberikan, langsung kartu anggota kepada Kiai Ma’ruf. Kartu yang dikeluarkan langsung dari kantong baju Japto. Artinya, orang nomor satu di Pemuda Pancasila ini siap memberikan perlindungan langsung kepada Kiai Ma’ruf.

Baca juga : Suruh Dorong Barakuda

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, kami akan mengangkat Kiai Maruf Amin menjadi anggota kehormatan atau anggota luar biasa Pemuda Pancasila,” kata Japto.

“Kalau di kantong, saya bertanggung jawab langsung kepada pemegang kartu anggota Pemuda Pancasila,” tambahnya.

Tidak sedikit netizen yang berkomentar nyeleneh. Misalnya akun @doedoeBlur yang menyebut Kiai Ma’ruf terlihat muda karena istrinya yang terbilang muda.“Yang penting istri nya cakep bos,” candanya.

Di dunia maya, cara berpakaian Kiai Ma’ruf menjadi sorotan. Di jejaring Facebook, akun Magdalena Haloho di buat salut dengan penampilan Sang Kiai. “Mantap Pak. Gaul juga,” candanya.

Baca juga : Dua Seri Lagi, Marquez!

“Mantab Bpk Ma’ruf Amin, semoga amanah, menuju Indonesia maju mendampingi Bpk Jokowi,” timpal Riyanti Quartini. “Iya. Memang aseli kelihatan lebih muda dan lebih ramping,” cuit @ Fahmy_TEGAL di Twitter.

Namun, Akun @sembirink nyeleneh kalau Kiai Ma’ruf tidak tepat mendapatkan keanggotaan sebagai pemuda. “UU Pemuda no 40 tahun 2009 yang saya ikuti sosialisasinya dulu di Jogja, menyebut Pemuda itu...” cuitnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.