Dark/Light Mode

Terima Kunjungan Polisi Selandia Baru, Satgas Beberkan Strategi Pembebasan Pilot Susi Air

Rabu, 28 Februari 2024 17:06 WIB
Atase Kepolisian Selandia Baru Paul Laurence Borell (kiri) bertemu Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani, di Timika, Selasa (27/2). (Foto: Dok Satgas Damai Cartenz)
Atase Kepolisian Selandia Baru Paul Laurence Borell (kiri) bertemu Kaops Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani, di Timika, Selasa (27/2). (Foto: Dok Satgas Damai Cartenz)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Damai Cartenz menerima kunjungan Atase Kepolisian Selandia Baru, Paul Laurence Borell, di Mimika, Papua, Selasa (27/2). Di depan Borell, Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani, menjelaskan strategi pembebasan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera teroris Papua pimpinan Egianus Kogoya sejak Februari 2023.

Kombes Faizal menegaskan, saat ini Pemerintah terus berupaya melakukan negosiasi dengan Egianus Kogoya Cs. "Proses negosiasi terkendala oleh berbagai faktor, termasuk campur tangan pihak-pihak lain dan masalah adat," kata Faizal, seperti keterangan resmi, Rabu (28/2).

Baca juga : Di Depan PM Selandia Baru, Wapres Janji Utamakan Keselamatan Pilot Susi Air

Upaya maksimal dalam pembebasan Philip juga dibeberkan Kapolres Nduga AKBP VJ Parapaga. Kata Parapaga, seluruh Forkopimda Nduga berkomitmen menyelesaikan kasus ini dengan pendekatan kekeluargaan.

"Upaya yang dilakukan Forkopimda yaitu melalui kesejahteraan. Kita membawa bahan makanan sekaligus membuka dialog mengenai pembebasan pilot," terangnya.

Baca juga : Media Punya Peran Strategis Dukung Pembangunan KEK Di Batam

Ia memastikan, upaya pembebasan Philip masih menjadi prioritas utama meskipun sempat terhambat oleh pemberitaan media yang masif. Di samping itu, ia juga meminta agar otoritas Selandia Baru untuk tidak khawatir proses negosiasi akan berhenti setelah masa jabatan Penjabat Bupati Nduga berakhir.

"Siapa pun yang menggantikan, sistem negosiasinya sudah terbangun," ujar dia.

Baca juga : Pemerintah Disarankan Bentuk Tim Pemerintahan Transisi

Dalam pertemuan itu, Borell mengapresiasi seluruh upaya pembebasan Philip yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. Ia menyebut, Selandia Baru menyerahkan sepenuhnya upaya pembebasan kepada Pemerintah Indonesia.

"Kami turut berbelasungkawa atas gugurnya anggota TNI-Polri dalam operasi pembebasan sandera. Kami harap Damai Cartenz dapat menyelesaikan kasus ini secepatnya," ucap Borell.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.