Dark/Light Mode

Media Punya Peran Strategis Dukung Pembangunan KEK Di Batam

Sabtu, 24 Februari 2024 12:48 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Saat ini, Batam menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia.

Perlu sinergi dan kolaborasi antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan wartawan dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Pemberitaan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR Indra Pahlevi dalam kegiatan forum komunikasi dan sosialisasi kinerja DPR bertema “Sinergi DPR dan Wartawan Parlemen dalam Mendukung Batam Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus”, di Batam, Jumat (23/2/24).

Baca juga : HUT Ke-27 Pertamina Patra Niaga, Regional JBB Beri Santunan 400 Anak Yatim

Menurut Indra, media memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi tentang opini publik dan memperkuat dukungan terhadap inisiatif pembangunan ekonomi di Batam.

Forum ini, kata Indra, menjadi wadah interaktif antara DPR dan wartawan untuk membahas kinerja parlemen, terutama yang berkaitan dengan pengembangan KEK Batam.

“Adanya forum ini juga diharapkan dapat terjalin kolaborasi yang lebih erat antara DPR, media dan masyarakat dalam mendukung pembangunan Batam sebagai KEK yang berdaya saing,” harap Indra

Baca juga : Pj Gubernur Agus Fatoni Dukung Gerakan Nasional BBI dan BBWI

Dengan infrastruktur yang memadai, lokasi strategis dan potensi ekonomi yang besar, Indra berharap Batam bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Di tempat yang sama, Deputi Persidangan Setjen DPR Suprihartini mengatakan, forum ini mempunyai tujuan untuk memperkuat komunikasi antara Setjen DPR RI dengan media.“Kita ketahui bahwa DPR sebagai lembaga perwakilan yang memiliki tiga fungsi akan selalu menjadi pusat pemberitaan yaitu, fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan," jelas Suprihartini.

Menurut Suprihartini, kerja sama antara Setjen DPR dengan media diperlukan untuk meningkatkan persepsi positif bagi lembaga ini di tengah masyarakat.

Baca juga : Ditjen Bina Keuda Kemendagri Sabet 5 Kategori Penghargaan dari KPPN Jakarta IV

Suprihartini menjelaskan pemilihan Kota Batam sebagai lokasi penyelenggaraan forum diskusi, bukan tanpa alasan.

Tujuannya, untuk membentuk kepedulian DPR terhadap pembangunan di Batam.

"Tidak hanya sebagai simbol kepedulian DPR terhadap pengembangan Batam, tapi juga sebagai upaya untuk mengenalkan secara langsung potensi dan perkembangan terkini di KEK Batam kepada wartawan parlemen," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.