Dark/Light Mode

ProGib Nusantara Apresiasi Jokowi Beri Kenaikan Pangkat Istimewa ke Prabowo

Kamis, 29 Februari 2024 17:08 WIB
Ketua Umum Relawan ProGib Nusantara, Hafif Assaf (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Relawan ProGib Nusantara, Hafif Assaf (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Relawan ProGib (PrabowoGibran) Nusantara, Hafif Assaf, mengapresiasi Presiden Jokowi yang memberikan kenaikan pangkat istimewa Jenderal TNI (HOR) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Menurut Hafif, sudah sepatutnya Prabowo mendapat penghargaan karena sudah banyak hal yang dilakukan dalam berjuang dan mengabdi sebagai Menhan.

"Kami mengapresiasi penghargaan yang diberikan Presiden Jokowi untuk Pak Prabowo. Kami melihat Pak Prabowo sudah banyak berjuang untuk bangsa Indonesia dan kemajuan TNI, khususnya selama empat tahun terakhir. Banyak kontribusi yang sudah beliau lakukan untuk perkembangan industri pertahanan serta positioning Indonesia di kancah global," kata Hafif, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (29/2).

Hafif melanjutkan, pemberian gelar tersebut tidak bersifat politis. Pemberian gelar tersebut murni karena kontribusi Prabowo selama ini untuk kemajuan TNI dan pertahanan Indonesia.

Baca juga : KI Pusat Harap Pelaksanaan KIP Tingkatkan Kualitas Riset di PTN

"Penghargaan ini tidak ada kaitannya dengan politik. Ini bentuk rasa terima kasih dan penghargaan TNI kepada Jenderal Prabowo," ujar Hafif.

Hafif menerangkan, sebelumnya sudah ada beberapa tokoh yang juga mendapat gelar serupa karena dinilai memiliki peran penting bagi bangsa dan negara. Seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, mantan Kepala BIN AM Hendropriyono, dan Agum Gumelar.

Sejalan dengan itu, Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, juga meyakini publik bahwa pemberian penghargaan berupa kenaikan pangkat istimewa kepada Prabowo itu karena kontribusi yang sudah dilakukan untuk kemajuan TNI dan pertahanan Indonesia.

Baca juga : Ini Respons Jokowi, Soal Pro Kontra Kenaikan Pangkat Prabowo

“Pemberian jenderal penuh kepada Pak Prabowo didasarkan pada dedikasi dan kontribusi Pak Prabowo selama ini di dunia militer dan pertahanan. Oleh sebab itu, Pak Prabowo diputuskan, diusulkan oleh Mabes TNI kepada Presiden untuk diberikan (pangkat) jenderal penuh. Ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan," kata Dahnil.

Ketua Umum Relawan Prabowo Mania, Immanuel Ebenezer atau Noel, mengatakan memang sudah waktunya bagi Prabowo untuk mendapatkan gelar itu. Dia mengajak semua pihak mendukung keputusan yang diambil pemerintahan yang dipimpin Presiden Jokowi.

"Jadi bisa dikatakan 'wis wayahe', Jenderal Prabowo Subianto atas pengabdiannya selama ini dan berhak menerima penghormatan yang sama. Mari kita dukung terus pemerintahan ini, agar stabilitas pertahanan terus terjaga dan ini juga akan berpengaruh terhadap stabilitas ekonomi nasional yang akan terjaga juga dengan baik," tutur Noel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.