Dark/Light Mode

Presiden Ceko Ucapin Selamat Ke Prabowo

Jumat, 16 Februari 2024 06:20 WIB
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. Associated Press
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller. Associated Press

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Indonesia baru saja selesai memberikan hak suara mereka dalam pemilu, Rabu (14/2/2024). Amerika Serikat (AS) dan Ceko memberi selamat atas kesuksesan pencoblosan yang bertepatan Hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day itu.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller menilai, pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) yang digelar Indonesia sebagai bukti komitmen terhadap proses demokrasi.

“Kami mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia atas besarnya partisipasi dalam pemilu. Pemungutan suara ini merupakan bukti ketangguhan dan kuatnya komitmen masyarakat Indonesia terhadap proses demokrasi dan lembaga pemilu,” terang Miller dalam keterangannya yang diunggah di laman resmi Deplu AS, dikutip, Kamis (15/2/2024).

Baca juga : Duh, Pelakunya Cuma Disanksi Minta Maaf

Miller mengatakan, AS menantikan hasil pemilu resmi yang akan diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). KPU masih melakukan hitung suara dan baru akan diumumkan secara resmi paling lambat pada 20 Maret nanti. “Siapapun presiden terpilih yang diumumkan KPU nanti, Washington siap melanjutkan kerja sama yang sudah berjalan lama,” imbuhnya.

Miller menambahkan, di momen perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Jakarta-Washington, AS berharap dapat bekerja sama dalam mengatasi perubahan iklim, memastikan Indo-Pasifik yang makmur dan aman, serta menjaga stabilitas internasional. Selain itu, Gedung Putih berharap dapat mewujudkan masa depan yang lebih baik dengan Indonesia.

“Amerika Serikat dan Indonesia adalah mitra dekat, dan berupaya mengatasi tantangan paling mendesak di abad ke-21,” tandasnya.

Baca juga : Kejutan Romantis Di Hari Valentine

Sementara dari Benua Biru, Perdana Menteri (PM) Ceko, Petr Fiala melalui akun X pribadinya, @P_Fiala, juga mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, yang sementara ini unggul di berbagai hitung cepat. PM Fiala “menyolek” akun capres Prabowo Subianto dalam cuitannya itu.

“Selamat kepada @prabowo Subianto karena memenangkan Pilpres Indonesia 2024,” cuitnya, Rabu (14/2/2024).

Dalam unggahannya, Fiala mengenang kunjungannya ke Indonesia pada 2023. Dia lalu mendoakan agar transisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo ke Prabowo dapat berjalan baik.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang, Banteng Tetap Juara

“Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah setahun lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara,” tulis Fiala.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.