Dark/Light Mode

Mendikbudristek: Giatkan Pemanfaatan UKBI Adaptif Merdeka

Jumat, 1 Maret 2024 14:56 WIB
Kemendikbudristek menyelenggarakan acara Diseminasi Nasional Kemahiran Berbahasa Indonesia di Jakarta, Kamis (29/2/2024)
Kemendikbudristek menyelenggarakan acara Diseminasi Nasional Kemahiran Berbahasa Indonesia di Jakarta, Kamis (29/2/2024)

 Sebelumnya 
Di akhir acara, Kepala Badan Bahasa, E. Aminudin Aziz, menegaskan, penting dipahami bahwa kemahiran berbahasa erat kaitannya dengan bagaimana penutur bahasa dapat menggunakan bahasa tersebut dalam berbagai konteks pembicaraan secara komunikatif. Hal ini sering disebut kompetensi berbahasa.”

Konteks yang dimaksud meliputi lingkungan akademik, nonakademik, pergaulan, dan lain-lain.

“Kemahiran bebahasa seseorang adalah ketika dia menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Dari cara berbahasa akan terlihat, apakah dia hanya menguasai substansi saja atau juga (paham) model komunikasi yang harus disampaikan melalui bahasa,” tuturnya lebih lanjut.

Baca juga : Guru Honorer Sambangi Kemendikbudristek, Minta Kejelasan Pengangkatan P3K

Berikutnya, kemahiran berbahasa Indonesia menyangkut juga tentang alat uji kemahiran berbahasa.

Alat uji tersebut adalah alat yang valid dan sahih dalam menguji kemahiran berbahasa seseorang.

Dari waktu ke waktu, Badan Bahasa mengesahkan dan memperjuangkan format UKBI seideal mungkin. Alat uji ini dapat merefleksikan kemampuan berbahasa seseorang.

Baca juga : Kemenkes Luncurkan Gerakan Perubahan Budaya Kerja

“Kami mencoba sebaik mungkin mengubah format dasar UKBI, menyesuaikan dengan kebutuhan supaya format dari alat uji tersebut mendekati ideal,” ucapnya ketika menjawab kesahihan alat uji yang dikembangkan Badan Bahasa.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah prinsip kepraktisan alat uji yang harus memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan terutama bagi pengguna maupun pihak penyelenggara.

Badan Bahasa juga bekerja sama dengan berbagai mitra terkait guna mengupayakan bentuk tes modern yang mengedepankan kualitas soal dan sistem pengujian sehingga hasil evaluasinya dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga : Hari Ini Pemilu, Pakistan Matikan Layanan Internet

“Dengan demikian semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya hingga ke pedesaan, juga termasuk kaum difabel,” pungkas Aminudin. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.