Dark/Light Mode

Sri Sultan Hamengkubuwono X Saksikan YRO Di Jakarta, Gaungkan HPKN 2024

Minggu, 3 Maret 2024 11:13 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) di Jakarta berjalan khidmat. Acara disuguhi dengan konser Yogyakarta Royal Orchestra (YRO) di Aulia Simfonia, Jakarta.

Konser YRO bertajuk "Konser Hari Penegakan Kedaulatan Negara", bernuansa sejarah yang kental.

Pada pembukaan berdatangan tamu-tamu penting mulai dari selebriti, pejabat kementerian, lembaga hingga para duta besar.

Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar, mewakili Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengapresiasi gelaran tersebut.

Menurutnya, pagelaran musik YRO yang berkolaborasi dengan paduan suara dari Universitas Indonesia ini merenungi makna kedaulatan dan perjuangan bangsa.

“Melalui alunan musik yang menyentuh jiwa dengan keindahan simponinya, seni musik dapat berfungsi sebagai perekat bangsa,” ujarnya.

Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta merupakan salah satu momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Peringatan momentum tersebut kini dikenal sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Baca juga : Prabowo-Gibran Menang Di Jakarta, Bang Zaki Happy

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

Peringatan kali ini memiliki arti penting terutama tentang kegigihan dalam mempertahankan persatuan dan membangun bangsa.

“Sehingga tepat bila makna kedaulatan benar-benar ditransformasi dan diaktualisasikan dalam upaya membangun bangsa Indonesia,” tuturnya.

Raja Keraton Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY menuturkan, peringatan HPKN memiliki makna yang penting. Ada banyak pesan di dalamnya yang mampu menjadi katalis menginspirasi.

“Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara punya makna Persatuan Indonesia,” tutur Sri Sultan.

HPKN merefleksikan bersatunya berbagai elemen bangsa dalam melawan penjajah di saat itu.

Saat ini, bisa dimaknai sebagai refleksi semangat masyarakat dalam membangun Indonesia dalam berbagai karya yang nyata. Karya yang mampu memberikan manfaat bagi Indonesia.

"Peringatan ini turut pula dimaknai sebagai refleksi rakyat, dalam gelora Bagimu Negeri, Jiwa Raga Kami,” katanya.

Baca juga : Diguyur Hujan Lebat, Puluhan TPS Di Jakarta Kebanjiran Hingga Setengah Meter

Adapun Konser YRO dalam rangka menggaungkan peringatan HPKN berlangsung khidmat dan megah di Aula Simfonia Jakarta.

Konser tersebut digelar selama dua hari pada Jumat hingga Sabtu (1-2 Maret 2024).

Pada konser hari kedua terbuka untuk umum Sabtu (2/3/2024), Orkestra Kagungan Dalem Keraton Yogyakarta di bawah naungan Kawedanan Kridhamardawa menghadirkan 10 repertoar lagu perjuangan nasional dan lagu daerah.

Konser tersebut menjadi konser kedua YRO dan konser perdana di Jakarta yang terbuka untuk umum.

“Semoga kita bisa memaknai setiap alunan nada sebagai penggugah persatuan, sebagai inspirasi untuk membangun dan memajukan Indonesia," harap Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Konser berdurasi total 1,5 jam tersebut menghadirkan pengalaman menyelami perjuangan para pahlawan dalam menegakkan kedaulatan RI melalui musik sekaligus mengajak penonton merasakan nuansa Jawa, khususnya DIY di Jakarta.

Konser yang memanjakan penonton ini dibuka dengan lagu "Himne Serangan Umum 1 Maret 1949" dan ditutup dengan "Sepasang Mata Bola".

Salah satu yang menyita perhatian adalah ketika lagu Indonesia Pusaka dimainkan. YRO menampilkan Raden Dwityatama Darmasakti sebagai solo cello dalam lagu tersebut.

Baca juga : Mahasiswa Hingga Rektor Di Jakarta Ajak Jaga Kondusivitas Pemilu 2024

Suasana hening, penonton terlihat khidmat menikmati gesekan cello dan jerit suara yang dihasilkan.

Indonesia Pusaka pun hadir dalam format yang benar-benar berbeda dan lebih kaya makna dalam konser ini.

Penanggung jawab pameran acara HPKN Gusti Kanjeng Ratu Bendara mengungkapkan, peringatan kali ini juga menampilkan pameran karya Jayapatra. Pameran ini dibuka untuk umum pada hari kedua konser.

“Untuk pameran akan kami buka selama 2 hari. Jadi pada hari pertama untuk tamu undangan, dan untuk hari kedua kami buka untuk umum. Bukan hanya untuk pemegang tiket konser, di hari kedua semua yang ingin menyaksikan Pameran Jayapatra bisa hadir di Aula Simfonia Jakarta," ungkapnya.

Anak Sri Sultan ini mengatakan, pada hari kedua, Pameran Jayapatra dibuka sejak pukul 10.00 pagi dan gratis untuk umum.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.