Dark/Light Mode

Banjir Di Jepara Rendam 2.889 Rumah Warga, BNPB Kirim Logistik Dan Rp 250 Juta

Senin, 18 Maret 2024 17:51 WIB
Tim gabungan mempersiapkan kebutuhan permakanan bagi para warga terdampak banjir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Senin (18/3). (BPBD Kabupaten Jepara)
Tim gabungan mempersiapkan kebutuhan permakanan bagi para warga terdampak banjir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada Senin (18/3). (BPBD Kabupaten Jepara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Banjir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai surut. Sebanyak 442 warga yang sempat terpaksa mengungsi akibat rumahnya masih terendam air pada Minggu (17/3), mulai kembali ke kediaman masing-masing.

"Warga mengungsi ke rumah kerabat dan juga pengungsian di SDN 02 Dorang," kata Abdul Muhari, Ph.D., Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, dalam keterangannya, Senin (18/3).

Banjir di Jepara terjadi sejak Rabu (13/3) setelah hujan dengan intensitas tinggi. Delapan kecamatan tergenang banjir, yaitu Bangsri, Tahunan, Kedung, Pecangaan, Mayong, Nalumsari, dan Welahan.

Baca juga : Di Papua, Biaya Kirim Logistik Pemilu Per TPS Tembus Rp 150 Juta

"Jumlah warga terdampak 3.129 KK/8.650 jiwa," ungkap Muhari.

Banjir kali ini juga menyebabkan 2.889 unit rumah warga, 250 hektar sawah, tiga fasilitas pendidikan, dan lima unit fasilitas ibadah terendam air setinggi 50 sampai 100 centimeter.

BPBD Dan Tim Gabungan Siaga

Baca juga : GSP Bengkulu Ketuk Rumah Warga Bagikan Susu Gratis

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara bersama tim gabungan masih berada di lokasi untuk bersiaga. Mengingat hujan dengan intensitas sedang dan lebat masih terjadi sehingga memungkinkan naiknya debit air.

"Tim gabungan juga memberikan logistik pemenuhan kebutuhan dengan mendirikan pos dapur umum," jelas Muhari.

BNPB Bantu Rp 250 Juta Dan Logistik

Untuk mendukung penanganan darurat bencana banjir di Jepara, BNPB pada hari ini Senin (18/3) memberikan bantuan dana siap pakai senilai Rp 250 juta.

Baca juga : Hadir Di Apel Akbar NasDem, Heikal Safar Ajak Kader Lawan Politik Uang

Selain itu, BNPB juga memberikan bantuan logistik peralatan berupa sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, biskuit protein 300 pouch, hygiene kit 300 paket, sabun cair 1.008 botol.

Bantuan logistik lainnya seperti pompa alkon 10 unit, lampu solar panel dua unit, tenda keluarga 50 unit, tenda pengungsi dua unit, selimut 300 lembar, matras 300 lembar, velbed 25 unit, perahu polyetile, dan perahu karet ditambah mesin satu unit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.