Dark/Light Mode

Dibantu BIN Dan BSSN, Menko Hadi Pastikan Data Sirekap KPU Aman

Selasa, 19 Maret 2024 22:55 WIB
Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto
Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Intelijen Nasional (BIN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Reserse Kriminal Polri dan Kemen Kominfo sudah melalukan pengecekan pengamanan dan pemantauan terhadap sistem Sirekap milik KPU yang bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam pengelolaan server. 

Dari hasil pengamanan dan pantauannya, data yang masuk ke Sirekap dipastikan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga : 2 PMI Meninggal di Korsel, BP2MI Pastikan Pantau Proses Pemulangannya

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto  usai menggelar rapat tertutup di kantor Menko Polhukam Jakarta, dikutip Antara Selasa (19/3).

Kepada awak media, Hadi memastikan data pemilih yang ada di Sirekap tetap aman walaupun KPU bekerja sama dengan Alibaba Cloud dalam pengelolaan server.

Baca juga : Mentan Pastikan Pasokan Beras Maret, April, Mei, Aman

"Semuanya aman. Tadi sudah dibahas di dalam rapat juga masukan dari BIN, BSSN, Bareskrim Polri dan Kemen Kominfo," kata Hadi

Jenderal dari TNI AU ini mengaku, telah merencanakan rangkaian langkah pengamanan data yang berkaitan dengan jumlah suara di dalam Sirekap. Pihaknya juga telah memastikan data yang masuk ke dalam Sirekap tetap akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.

Baca juga : KPU Bantah Hasil Pemilu Sudah Diatur

Namun sayangnya, Hadi tidak menjelaskan secara rinci langkah pengamanan apa yang akan dilakukan Bareskrim, BSSN dan BIN itu.

"Kepala BSSN melakukan pengamanan, pemantauan dari BIN. Semuanya sesuai rencana dan masih berjalan dengan baik," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.