Dark/Light Mode

HUT Damkar Ke-105, Mendagri Minta Pemda Optimalkan Pemadam Kebakaran dan Relawan

Sabtu, 2 Maret 2024 12:27 WIB
Mendagri Tito Karnavian memimpin secara langsung peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan 2024 di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (1/3/2024). (Foto: Dok.Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian memimpin secara langsung peringatan HUT ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan 2024 di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat (1/3/2024). (Foto: Dok.Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memimpin secara langsung peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Tahun 2024 di Lapangan Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), pada Jumat (1/3/2024).

Upacara ini merupakan kegiatan puncak dari serangkain HUT yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu, National Firefighters Skill Competition (NFSC), seminar internasional, Expo Sarana Prasarana Damkar dan Penyelamatan, serta rapat koordinasi nasional.

Tito menekakankan pentingnya profesionalisme agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Baca juga : Guru Honorer Sambangi Kemendikbudristek, Minta Kejelasan Pengangkatan P3K

"Profesionalisme pemadam kebakaran dan penyelamatan merupakan sebuah keharusan untuk dirawat dan ditingkatkan. Sehingga masyarakat senantiasa merasa aman, serta terlindungi dari ancaman bahaya kebakaran dalam setiap aktivitasnya," kata Tito dalam keterangan resminya, Sabtu (2/3/2024).

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA menegaskan, kepada seluruh kepala daerah untuk mempedonani seluruh regulasi, mempercepat pembentukan Dinas Damkar di Daerah, serta mengoptimalkan peran pemadam kebakaran dan relawan di daerah.

Menurut Safrizal, Kemendagri telah mengeluarkan berbagai regulasi untuk mendorong penyelenggaraan sub urusan kebakaran tersebut sebagai urusan wajib pelayanan dasar.

Baca juga : HUT ke-59, Kenari Djaja Komit Hadirkan Bahan Bangunan Berkualitas

"Regulasi tersebut menjadi pedoman khusunya dalamh pembentukan dinas damkar di daerah serta optimalisasi peran anggota damkar dan relawan kebakaran di daerah," kata Safrizal.

Dalam rangkaian acara tersebut turut pula disematkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan Dalam Pengelolaan Perkotaan dan Batas Daerah kepada Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan yang juga pembina pemadam kebakaran dan penyelamatan seluruh Indonesia. Penyematan dilakukan secara langsung oleh Mendagri.

"Sekali lagi gelorakan Yudha Brama Jaya, Pantang Pulang Sebelum Padam, Dirgahayu 105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia" ucap Safrizal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.