Dark/Light Mode

Putra Banten Raih Gelar Doktor, DPD: Inspirasi Generasi Muda Terus Belajar

Kamis, 21 Maret 2024 23:43 WIB
Flyer sidang promosi doktor Masduki Asbari di UPH. (Foto: Istimewa)
Flyer sidang promosi doktor Masduki Asbari di UPH. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Yayasan Aya Sophia Indonesia, Masduki Asbari, memperoleh gelar doktor setelah berhasil menyelesaikan pendidikan S3 Doktor Manajemen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan (UPH). Putra Banten ini meraih hasil sangat memuaskan.

Anggota DPD RI Abdi Sumaithi berharap, prestasi yang diraih Masduki Asbari mendapatkan gelar doktor dapat menginspirasi generasi muda di wilayah Banten lainnya.

"Selamat kepada Kang Masduki menjadi doktor pertama dari kampung Pulo Kencana, Kecamat Pontang. Semoga menginspirasi generasi muda berikutnya dan ilmunya bermanfaat, khususnya untuk kemajuan Banten," kata Abdi Sumaithi, selaku anggota DPD RI dari Provinsi Banten.

Baca juga : Terapkan Prinsip ESG, Generali Gelar Edukasi Finansial dan Kelas Parenting

Pada Sidang Terbuka yang dilaksanakan secara daring, Senin (18/3) Masduki Asbari mengukir hari bersejarah dengan menunjukkan performa terbaik dalam menjalani sidang promosi doktor. Dalam sidang terbuka tersebut, Masduki memaparkan hasil disertasinya yang berjudul “Dynamic Leadership, Knowledge Sharing dan Kinerja Inovatif Dosen pada Perguruan Tinggi.”

Masduki menyoroti betapa sedikitnya jumlah peneliti di Indonesia dibandingkan kebutuhan perguruan tinggi akan peneliti baru yang cukup mendesak. Selain itu, disertasinya juga dilatarbelakangi oleh kepedulian Masduki terhadap kondisi pertumbuhan perguruan tinggi di Banten yang mengalami pasang surut. Sementara itu, kualitas perguruan tinggi dipengaruhi oleh kualitas dosen sebagai penggerak utamanya.

Rektor UPH Jonathan L Parapak mengucapkan selamat sekaligus berpesan agar ilmu Masduki terus dikembangkan untuk membangun masa depan pendidikan Indonesia.

Baca juga : PSSI Dapat Kepercayaan Gelar Sendiri Semua Kursus Kepelatihan   

Prof Francisca Sestri Goestjahjanti selaku Rektor Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI) Tangerang mengapresiasi dan berpesan agar ilmu pengetahuan yang diperoleh Masduki berguna bagi UNIPI dan Indonesia.

Pencapaian Masduki saat ini tidak lepas dari perjalanan panjang yang penuh kerja keras, keringat, dan air mata. Masduki dalam menempuh jalur akademik menunjukkan betapa sangat peduli terhadap pendidikan anak bangsa.

Hal itu dituangkan dalam disertasinya yang menitikberatkan pada pentingnya kualitas pengajar bagi sebuah institusi pendidikan supaya menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di Indonesia. Tindak lanjut atas kepedulian tersebut telah ditekuni Masduki Asbari selama lebih dari satu dekade terakhir ini.

Baca juga : Byur! Hujan Masih Guyur Jakarta, Ini Prakiraan Lengkap BMKG Untuk Cuaca Besok

Bersama istrinya, Wakhida Nurhayati, Masduki mengembangkan sebuah yayasan pendidikan bernama Yayasan Aya Sophia Indonesia. Yayasan tersebut menaungi tiga institusi, yaitu TK, SDIT, dan SMP Bisnis Aya Sophia Islamic School. Kini, Masduki aktif menjadi dosen di Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI) Tangerang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.