Dark/Light Mode

BPKH Ajak Ponpes Darunnajah Nabung Haji Sejak Santri

Rabu, 27 Maret 2024 23:09 WIB
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar acara Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri berkolaborasi dengan Mitra Kemaslahatan Rumah Zakat di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, Rabu (27/3/2024). Foto: Istimewa
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar acara Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri berkolaborasi dengan Mitra Kemaslahatan Rumah Zakat di Pondok Pesantren Darunnajah, Jakarta, Rabu (27/3/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar acara Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri berkolaborasi dengan Mitra Kemaslahatan Rumah Zakat di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Kegiatan ini, merupakan bagian memeriahkan dan memakmurkan bulan suci Ramadan 1445H. Dalam kegiatan ini, dibagikan 1000 paket bingkisan lebaran senilai Rp 250 juta melalui Rumah Zakat.

Acara ini merupakan salah satu rangkaian program “Berkah Ramadan BPKH” yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Tema yang diusung kali ini adalah Berbagi Berkah Ramadan Untuk Negeri: Nabung Haji Sejak Santri.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Amri Yusuf dalam sambutannya mewakili Kepala BPKH, Fadlul Imansyah menyatakan kegiatan ini adalah wujud barisannya mendukung sosial keagamaan yang merupakan salah satu ruang lingkup Program Kemaslahatan BPKH.

Baca juga : TPDI Desak MK Bebas Tekanan Tangani Sengketa Pilpres

"Kegiatan Berkah Ramadan BPKH 1445 Hijriyah, Berbagi Berkah Ramadan untuk Negeri di Pondok Pesantren Darunnajah merupakan wujud nyata syiar agama Islam dalam mendukung dakwah serta membantu masyarakat yang membutuhkan," ujar Amri.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Sulistyowati mengungkapkan jumlah jemaah yang menunggu untuk berangkat haji saat ini berjumlah 5,3 juta orang. Daftar tunggu rata-rata nasional 26 sampai 40 tahun dan khusus di DKI Jakarta sekitar 27 tahun.

"Kegiatan yang dilakukan BPKH dengan mengadakan program Berkah Ramadan, untuk membangun kesadaran dan mengajak santri mengerti pentingnya mendaftar haji sejak muda," ungkap Lilis sapaan akrab Sulistyowati.

Ajakan menabung haji sejak muda juga disuarakan konten kreator Fiki Naki yang hadir dan mengajak ribuan santri Darunnajah segera menabung untuk ibadah haji.

Baca juga : Ponpes Darunnajah Dukung Perdamaian Di Ukraina

Acara ini, dihadiri Anggota Dewan Pengawas BPKH M. Dawud Arif Khan, Kepala BPKH Fadlul Imansyah, Anggota Badan Pelaksana BPKH M. Arief Mufraini, CEO Rumah Zakat Irvan Nugraha, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah KH. Sofwan Manaf, Wakil Ketua Islamic Dakwah Fund MUI Nur Rohman, Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah Din Wahid, serta Camat Pesanggrahan Agus Ramdani.

Diketahui, BPKH pada tahun 2024 kembali hadir memberikan manfaat bagi umat melalui program kemaslahatan Berkah Ramadan BPKH 1445 H / 2024 M, bersama 12 mitra kemaslahatan yaitu Baitulmaal Muamalat, BAZNAS, Dewan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa, DT Peduli, LazisMU, LAZ Persis, Lazuq, NU Care LazisNU, PPPA Daarul Qur’an, Rumah Zakat dan Solo peduli.

Melalui program Berkah Ramadan tahun ini, BPKH bersama mitra kemaslahatan melaksanakan sejumlah aksi nyata di seluruh Indonesia. Yaitu, berbagi mushaf Alquran, mushaf Alquran Imam, mushaf Quran Braile, Quran Audio, berbagi juzz amma bahasa isyarat.

Kemudian, pelatihan da’i, berbagi kado ramadan, program balik kerja bareng BPKH, buka puasa bersama BPKH, revitalisasi masjid terminal, program ekspersi ramadan penuh inspirasi.

Baca juga : Ponpes Darul Amanah Kendal Fokuskan Hafalan Al-Quran Dan Kitab Kuning

Selain itu, BPKH mengajak anak muda khususnya santri menabung biaya untuk berangkat haji sejak dini. Tujuannya agar jemaah haji dari Indonesia nantinya sudah ramai berusia muda. Total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024 ini sebesar Rp 12,6 miliar.

Kegiatan kemaslahatan ini menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat, di mana pokoknya tetap dan akan terus bertambah. Sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan Kemaslahatan.

BPKH terus berkomitmen menyalurkan nilai manfaat Dana Abadi Umat (DAU) melalui program kemaslahatan sesuai dengan amanat UU 34 Tahun 2014. Tak hanya dalam ruang lingkup pelayanan ibadah haji, tapi juga pendidikan dan dakwah, kesehatan, sosial keagamaan, pemberdayaan ekonomi umat, sarana-prasarana ibadah dan aksi tanggap bencana.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.