Dark/Light Mode

Kunjungi Bengkulu Utara

Pimpinan Ponpes Darussalam: Mahfud Inspirasi Kaum Santri

Rabu, 7 Februari 2024 09:03 WIB
Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Bengkulu Utara, KH. Mukhsin Ali.dalam Istigosah dan Doa Bersama untuk Indonesia yang dihadiri Mahfud MD di Ponpes Darussalam, Bengkulu Utara, Selasa (6/2/2024). Foto: Istimewa
Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Bengkulu Utara, KH. Mukhsin Ali.dalam Istigosah dan Doa Bersama untuk Indonesia yang dihadiri Mahfud MD di Ponpes Darussalam, Bengkulu Utara, Selasa (6/2/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Bengkulu Utara, KH. Mukhsin Ali, mengungkapkan kekaguman tersendiri terhadap sosok Mahfud MD. Ia merasa, Mahfud jadi inspirasi dan pelecut motivasi bagi kalangan pondok pesantren dan santri-santri untuk maju. 

"Akhirnya ada harapan dengan mungkin Pak Mahfud bisa, bisa ada batu lompatan untuk menggapai cita-cita seperti Pak Mahfud MD," kata Kiai Mukhsin dalam Istigosah dan Doa Bersama untuk Indonesia yang dihadiri Mahfud MD di Ponpes Darussalam, Bengkulu Utara, Selasa (6/2/2024).

Mukhsin turut mengapresiasi kehadiran Mahfud karena untuk menuju Ponpes Darussalam sangat tidak mudah. Perjalanan harus ditempuh tidak cuma menggunakan jalur udara, tapi juga ada 3,5 jam jalur darat yang berbatu.

Tidak heran, kehadiran Mahfud MD disambut sangat antusias 1.000 lebih santri-santri di Ponpes Darussalam.

Baca juga : Untuk Mundur dari Menko Polhukam, Mahfud Cari Waktu Baik

Kiai Mukhsin menilai, eksistensi dari Mahfud MD sendiri sudah memotivasi santri-santri meraih mimpi.

"Itu latar belakang yang sama, jadi kita kalangan pesantren yang rata-rata orang desa, masyarakat menengah bawah dan serba kekurangan akhirnya adanya Pak Mahfud ada kesamaan jiwa dan misi," ujar Kiai Mukhsin.

Maka itu, ia menekankan, santri-santri pasti memantau dan mengikuti sepak terjang Mahfud MD. Kiai Mukhsin menilai, selama menjadi Menko Polhukam kinerja Mahfud MD sesuai dengan apa yang diharapkan rakyat.

Pun ketika memutuskan mundur dari Menko Polhukam demi menghindari konflik kepentingan selama mengikuti kontestasi Pilpres 2024. Kiai Mukhsin merasa, langkah Mahfud MD mencerminkan kalangan pesantren.

Baca juga : Makan Siang Bareng Aktivis Perempuan, Mahfud Dicurhati Ketidakadilan

Kiai Mukhsin meyakini, banyak santri-santri atau masyarakat dari kalangan pondok pesantren yang memilih Calon Wakil Presiden nomor urut 03 tersebut. Sebab, Mahfud sudah menerapkan nilai-nilai santri.

"Itu namanya kalangan pesantren seperti itu, tak kala dijadikan pilihan, innya mengalah, justru itulah dari kalangan pesantren mengangkat beliau, memilih beliau karena ada teori agama, angkatlah seorang pemimpin yang tidak haus jadi pimpinan, itu nanti jadi amanat," kata Kiai Mukhsin.

Walau jauh di mata, Kiai Mukhsin berpendapat, nilai-nilai santri yang senantiasa diterapkan Mahfud MD membuatnya selalu dekat dengan kalangan pondok pesantren. Karenanya, dukungan terus mengalir kepada Mahfud MD.

"Terbukti jiwa Pak Mahfud dan beliau sudah melekat di diri beliau, saya juga walaupun jauh tapi dekat di hati. Kami memberi support mudah- mudahan ke depan bisa memimpin lebih baik untuk memajukan bangsa kita," ujar Kiai Mukhsin.

Baca juga : Pimpinan Ponpes Roudlotussolihin Doakan Ganjar-Mahfud Menang Satu Putaran

Jika terpilih sebagai Wakil Presiden RI, ia berharap, Mahfud MD selalu menjadi pelindung bagi pondok pesantren. Termasuk, menjadi satu jembatan santri-santri berkontribusi memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dan beliau saya lihat ada terobosan untuk santri bisa andil untuk memajukan negara dan duduk di tempat-tempat strategis yang sifatnya untuk membela atau menegakkan kebenaran," kata Kiai Mukhsin

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.