Dark/Light Mode

Ajak Anak-anak Yatim Belanja Di Mall, Andi Seto Asapa Terharu

Sabtu, 30 Maret 2024 20:03 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak cara untuk mensyiarkan bulan suci Ramadan. Salah satunya, seperti yang dilakukan Bupati Sinjai periode 2018-2023, Andi Seto Asapa.

Ditemani istri dan anaknya, Andi Seto mengajak puluhan anak yatim di wilayah Kota Makassar untuk belanja di mall, Sabtu (30/3/2024).

Pria kelahiran Makassar ini tampak terharu dan meneteskan air matanya saat anak-anak yatim yang berusia antara 5 hingga 14 tahun itu terlihat senang dan gembira.

Mereka menyebar ke beberapa konter untuk membelanjakan uang yang diberikannya sebesar Rp 300 di sebuah Mall di Panakukang.

“Jujur saja, perasaan senang, sedih dan terharu bercampur saat saya melihat adik-adik yatim begitu gembira membelanjakan uang yang saya kasih tak seberapa itu. Mereka tampak seolah lupa bahwa ibu dan ayahnya itu kini sudah tiada untuk selama-lamanya,” katanya.

Baca juga : Gelar Doa Bersama Yatim, Eks Bupati Sinjai Andi Seto Merasa Cengeng

Andi Seto membayangkan, anak-anak yatim yang seharusnya ditemani ibu atau ayahnya selama Ramadan ini, baik saat makan sahur maupun saat berbuka puasa, harus rela hidup bersama para pengasuhnya.

Apalagi, saat mereka berlebaran nanti. Mungkin hanya batu nisan yang bisa ditemuinya dan disungkeminya.

Karena itulah, pria yang merupakan menantu dari tokoh politik Nurdin Halid ini mengingatkan, keberadaan anak-anak yatim itu seharusnya membuat kita bukan saja makin bersyukur kepada Allah SWT atas posisi hari ini yang jauh lebih beruntung.

Namun juga, harus menjadi alasan untuk semakin peka terhadap orang di sekitar kita.

Dalam konteks inilah, Andi Seto mengajak keluarga, saudara, dan orang lain, termasuk para politisi, pengusaha dan siapa saja yang kebetulan punya rezeki lebih untuk selalu berbagi kepada sesama.

Baca juga : Nggak Jelas Di AC MIlan, Giroud Merapat Ke Amerika

Apalagi, di bulan suci Ramadan ini, yang berbagai kebaikan, pahalanya dilipatkangandakan.

Terkait dengan kegiatannya bersama anak-anak yatim di sebuah mall tadi, Andi Seto mengungkapkan, hal itu menjadi bagian dari kepeduliannya yang harus selalu dipupuk, bahwa masih banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan pertolongan.

Salah satunya, mengajak anak-anak yatim untuk belanja sendiri di mall. Meskipun, kata dia, kalau berbicara nilai, uang Rp 300 ribu yang diberikan kepada anak-anak yatim itu belum seberapa dibandingkan dengan kebutuhan layak yang harus mereka terima.

Tapi, minimal, lewat kegiatan itu bisa menjadi syiar yang dapat mengetuk orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Insya Allah, kalau orang-orang yang berkelebihan harta bisa melakukan hal yang sama, pasti akan banyak menolong mereka. Tentu bukan hanya anak-anak yatim tapi juga para duafa yang mungkin, untuk menghadapi lebaran nanti, boro-boro beli baju, buat beras pun masih belum ada,” tegasnya.

Baca juga : Doa Bersama Anak-anak Yatim, Bupati Muaro Jambi Ingatkan Soal Kepekaan Sosial

Ketika ditanya, kenapa kegiatan itu dilakukan di Kota Makassar, tidak di Sinjai tempat dia berkarir sebagai bupati, Andi Seto menjelaskan, dalam bentuk yang lain, hal itu juga dilakukan di Sinjai.

“Kenapa di Kota Makassar juga, karena Makassar juga tempat kelahiran saya. Dan saya mulai SD sampai SMA juga sekolah disini. Ditambah lagi orang tua, saudara, dan teman-teman juga banyak di sini. Wajarlah, kalau saya juga ingin berbagai buat warga Kota Makassar," ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.