Dark/Light Mode

Yang Lain Dapat Nomor 9 dan 10, Cuma Jokowi Yang Dapat Nomor 21, Kenapa Ya?

Minggu, 3 November 2019 10:17 WIB
Presiden Jokowi tampak bercakap ringan dengan PM Kamboja Hun Sen (ketiga kanan), usai penandatanganan Nota Kesepahaman ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi tampak bercakap ringan dengan PM Kamboja Hun Sen (ketiga kanan), usai penandatanganan Nota Kesepahaman ASEAN dengan FIFA di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11). (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara ASEAN dan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), Sabtu (2/11) malam, para pemimpin negara ASEAN mendapat jersey berwarna biru dari FIFA.

Bertuliskan nama masing-masing, dan disertai nomor punggung tentunya.

Untuk nomor punggung, ternyata hanya ada tiga nomor: 9, 10, dan 21.

Yang kebagian nomor 9, ada tujuh kepala negara. Yakni PM Malaysia Mahathir Mohammad kebagian nomor 9. Sama dengan Presiden Myanmar Aung San Suu Kyi, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Thailand Prayuth Chan-ocha, PM Vietnam PM Nguyen Xuan Phuc,  PM Kamboja Hun Sen, dan PM Laos Thongloun Sisoulith.

Baca juga : Jokowi: Jangan Sampai Korban Gempa Menunggu Lama

 

(Foto: Setkab)

Yang kebagian nomor 10, ada dua. Yakni Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Sedangkan nomor punggung 21, hanya diberikan kepada Presiden RI, Jokowi.

Kok bisa ya, Jokowi dapat nomor khusus 21?

Soal ini, Jokowi pun melempar pertanyaan kepada netizen melalui postingan Twitter, Minggu (3/11).

Baca juga : Pulang Dari Wamena, Jokowi Resmikan Jembatan Youtefa

Postingan itu disertai foto Jokowi bersama kepala negara ASEAN lainnya, sambil memegang jersey biru dari FIFA. Jokowi yang memegang Jersey nomor punggung 21, dan tampak bercakap ringan dengan PM Kamboja Hun Sen.

"Jersey warna biru bernomor punggung 21 dari FIFA untuk Indonesia. Di acara penandatanganan MoU antara ASEAN dan FIFA di Bangkok, semalam, pemimpin negara ASEAN lain mendapatkan jersey bernomor 9 dan 10. Tahukah Anda, mengapa Indonesia mendapatkan nomor 21?" cuit Jokowi, Minggu (3/11).

Netizen pun mengomentari dengan beragam jawaban. Akun @stro8yte menjawab begini, "21=RI".

Sementara @farimanwhk menyahut seperti ini,"Sebab Indonesia telah berhasil ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia di bawah usia 20 pada tahun 2021 mendatang. Makanya satu satunya yang mendapatkan nomor itu. BRAVO PAK JOKOWI !!!!!".

Baca juga : Yasonna: Kita Nggak Asbun

Ada lagi yang mengaitkannya dengan kondisi politik nasional. "Karena skrg 02 sdh masuk kabinet 01 pak..," cuit @OukieDookie.

Jawaban bernuansa politik juga diberikan @senengangue. "Jawabannya saya rasa karena Bapak menjabat selama 2 Periode jadi orang Nomer 1, yg juga sering disebut sebagai RI - 1, sepedanya dipaketin ya Pak @jokowi. Matur sembah nuwun," ujarnya.

Akun @JKFC23456789 lain lagi. Akun JOKOWI@FANSCLUB indo justru menyambungkannya dengan tanggal lahir Sang Presiden.

"Karena 21 adalah tanggal/hari lahirnya Pk @jokowi," ketiknya. Jawaban ini spontan ditimpali oleh @silaer555. "FIFA smp tahu sejauh itu?, Woooow, Keren," katanya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.