Dark/Light Mode

Plong Habis Nyoblos, Jokowi Mau Langsung Makan Bareng Ibu Iriana

Rabu, 17 April 2019 11:43 WIB
Capres 01 Jokowi memamerkan kelingking kanan yang sudah tercelup tinta ungu tanda telah menunaikan hak pilih bersama Ibu Iriana di TPS 008 Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Rabu (17/4). (Foto: TKN)
Capres 01 Jokowi memamerkan kelingking kanan yang sudah tercelup tinta ungu tanda telah menunaikan hak pilih bersama Ibu Iriana di TPS 008 Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Rabu (17/4). (Foto: TKN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, tiba di lokasi pencoblosan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 008, Kelurahan Gambir, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17/4) pukul 10.16 WIB.

Presiden dan ibu negara kompak mengenakan kemeja putih. Jokowi dan Iriana yang turun dari mobil secara bersama-sama, langsung menuju tenda pemungutan suara yang berada di halaman Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Mereka berdua langsung mendaftar ke meja yang berada depan pintu masuk TPS 008. Turut hadir menemani Jokowi dan Iriana, Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Erick Thohir, Anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf Pramono Anung, hingga Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Baca juga : Habis Nyoblos, Prabowo-Sandi Salam 2 Jari

Di TPS 008 Gambir terdapat 198 pemilih yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan 22 pemilih dalam daftar pemilih tetap tambahan (DPTB). Sementara Jokowi dan Iriana terdaftar di nomor urut 154 dan 155 daftar DPT.

Setelah menunggu sekitar 2 menit, Jokowi dipanggil lebih dahulu untuk mengambil kertas suara. Ia langsung menuju ke bilik suara sembari membawa 4 surat suara. Selang 2 menit kemudian, Iriana dipanggil untuk mengambil surat suara. Iriana pun langsung menuju ke bilik suara. Ia berada di sisi kanan bilik suara Jokowi.

Usai mencoblos, keduanya kemudian memasukkan surat suara ke masing-masing kotak suara. Ada 4 kotak suara untuk menempatkan surat suara calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, calon anggota DPD, serta calon anggota DPRD.

Baca juga : Amankan Kampanye Jokowi-Maruf Besok, Polisi Turunkan 40 Ribu Personel

Jokowi dan Iriana lantas bergeser ke meja tinta untuk mencelupkan kelingkingnya. Mereka lantas memamerkan kelingkingnya yang sudah tercelup tinta berwarna ungu. “Plong,” ujar Jokowi mengungkapkan kelegaannya setelah menggunakan hak pilihnya.

Calon presiden nomor urut 01 itu mengaku akan langsung makan bersama Iriana setelah mencoblos. “Makan bersama Bu Jokowi,” seloroh Jokowi singkat.

Jokowi menyatakan belum ada agenda untuk bertemu ketua umum partai politik pendukung, termasuk calon wakil presiden 01 Ma'ruf Amin. Mantan wali kota Solo itu juga belum memberi tahu akan memantau penghitungan suara di mana. “Nggak,” ujarnya.

Baca juga : Kata Mas Tris, Jokowi Didukung Mayoritas Warga Muhammadiyah

Sebelum menggunakan hak pilih, Jokowi mengaku tak memiliki persiapan khusus. Dia hanya sibuk bermain dengan cucu perempuannya, Sedah Mirah. “Main sama cucu, Sedah Mirah,” beber Jokowi diikuti anggukan Iriana.

Ditanya soal keyakinannya menang Pilpres, Jokowi menjawab diplomatis. “Ya selalu dalam bekerja kita ini optimis terus,” ujarnya. “Yakin menang?” tanya wartawan. “Ya nanti dilihat lah sabar. Dalam beberapa jam juga sudah kelihatan,” tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.