Dark/Light Mode

Korlantas Terapkan Contraflow Urai Kemacetan Di Jakarta-Cikampek Hari Ini

Minggu, 7 April 2024 11:06 WIB
Ruas Tol Cikampek
Ruas Tol Cikampek

RM.id  Rakyat Merdeka - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berlakukan contraflow atau lawan arah di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek). Contraflow diberlakukan pada Minggu pukul 00.00 WIB untuk mengurai macet diruas Japek.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, contraflow satu lajur diterapkan di KM 36 sampai KM 47.

"Khusus untuk lanjur tiga dan empat dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk contraflow," kata Aan yang dikutip Antara, Minggu (7/4).

Baca juga : Kejagung Resmi Terapkan Pasal TPPU Ke Suami Sandra Dewi

Kemudian contraflow dua lajur diberlakukan di KM 47 sampai dengan KM 70. Khusus untuk lajur tiga dari arah Jakarta yang diperbolehkan masuk ke contraflow,

Aan mengatakan, kendaraan yang masuk jalur contraflow di Tol Japek diperuntukkan bagi yang menuju Tol Cipali arah timur Pulau Jawa (Jateng dan Jatim).

"Lajur satu dan dua untuk kendaraan yang menuju Kalihurip dan Tol Cipularang," katanya.

Baca juga : Amran Tegaskan Tak Ada Calo Dan Ordal Di Kementan

Ia menekankan, pelaksanaan contraflow bersifat situasional melihat volume kendaraan di jalan tol sesuai diskresi kepolisian.

Mantan Dirgakkum Korlantas Polri itu memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada malam ini, Sabtu (6/4).

Aan menyebut pengamatan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol sampai sif satu pukul 02.00 WIB ada 44 ribu kendaraan. Diperkirakan terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang melintas ke arah timur malam ini sebanyak 171 ribu kendaraan

Baca juga : AHY Siapkan Nama, Relawan Minta Jasanya Tidak Dilupain

"Kemungkinan malam ini itu akan terealisasi sebagai puncak arus mudik yang ke arah Jawa, dan kemungkinan nanti masuk pada angka 178.000," katanya.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.