Dark/Light Mode

LDII: Rukyatul Hilal Perkuat Ukhuwah & Kebhinnekaan Bangsa

Selasa, 9 April 2024 21:59 WIB
LDII: Rukyatul Hilal Perkuat Ukhuwah & Kebhinnekaan Bangsa

RM.id  Rakyat Merdeka - Rukyatul hilal untuk memastikan Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada Rabu (10/4), bukan sekadar bernilai ibadah namun juga memperkuat hubungan sesama manusia atau -hablum minannas.

Ormas-ormas Islam berduyun-duyun ke titik-titik pengamatan hilal bersama dengan perwakilan Kementerian Agama, menunjukkan keindahan beragama di Indonesia.

Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) KH Chriswanto Santoso mengatakan, ormas-ormas Islam memanfaatkan momentum menyaksikan hilal saat menentukan Ramadan ataupun Syawal, untuk saling berdiskusi dan silaturrahim menguatkan ukhuwah Islamiyah.

“Perbedaan itu indah, demikian sunnatullah. Namun menyatukan persamaan yang ada dalam perbedaan untuk kemaslahatan umat, merupakan kontribusi besar umat Islam dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” ujsr Chriswanto dalam keterangan persnya, Selasa (9/4/2024).

Baca juga : Real Madrid Mau Permanenkan Bintang Espanyol

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Kementerian Agama bisa bertemu dengan ormas-ormas Islam yang menjadi mitra mereka, dalam meningkatkan kualitas keberagamaan di Indonesia, sekaligus memperkuat toleransi dan komunikasi intra-agama.

Menurutnya, dengan komunikasi dan penguatan kehidupan beragama mampu menghilangkan sekat-sekat perbedaan sekaligus memperkuat persatuan bangsa.

DPP LDII telah membentuk Tim Rukyatul Hilal lebih dari satu dekade yang lalu. Pembentukan tim tersebut, agar LDII dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga bersama-sama ormas Islam lainnya. Untuk bersama-sama menentukan hari-hari besar umat Islam yang berkaitan dengan hubungan dengan Allah atau hablum minallah dan hablum minannas.

“Yang semuanya itu bernilai ibadah mengikuti perintah Allah dan sunnah Rasulullah,” tuturnya.

Baca juga : Ketum DPP LDII: Bukber TNI-Polri Wujud Aparat Rawat Kebhinnekaan-Soliditas

Sementara itu Koordinator Tim Rukyatul Hilal DPP LDII Wilnan Fatahillah mengatakan, terdapat 150 titik lokasi pengamatan hilal di Indonesia.

LDII dalam kegiatan rukyat hilal mengerahkan 70 Tim Rukyatul Hilal yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia,

“Khusus untuk pengamatan hilal pada 2024, kami melaksanakan pelatihan rukyatul hilal secara nasional pada 26 hingga 28 Februari 2024 di Jakarta,” ujar Wilnan.

Sebelumnya, LDII juga telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian Agama RI baik tingkat pusat maupun wilayah provinsi.

Baca juga : Buka Puasa Bersama Gerak BS, Ketua MPR Ajak Perkuat Wawasan Kebangsaan

Kegiatan rukyatul hilal LDII bersama-sama dengan pemerintah dan ormas Islam, dirasa cukup efektif dalam membangun persaudaraan dan bersinergi dalam kegiatan ibadah, khususnya dalam menentukan awal Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha,

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.