Dark/Light Mode

MCMI: Masyarakat Masjid Harus Ciptakan Pemilu Damai Demi Keutuhan Bangsa

Minggu, 17 Desember 2023 10:00 WIB
Ketua Umum MCMI Dr. H. Wishnu Dewanto Di acara Rapimnas II dan Seminar Nasional di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Rabu (16/12) malam. (Foto : Ist)
Ketua Umum MCMI Dr. H. Wishnu Dewanto Di acara Rapimnas II dan Seminar Nasional di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta Rabu (16/12) malam. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hajatan akbar Pemilu 2024 menjadi perhatian Ketua Umum Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI), Dr. H. Wishnu Dewanto.

Berharap bisa berkontribusi memberi pemahaman terkait Pemilu pada masyarakat, MCMI menggelar Rapat Pimpinan Nasional ke-2 dan Seminar Nasional di Hotel Century Park Senayan, Jakarta (16/12/2023), Sabtu malam.

Kegiatan yang dihadiri 24 DPW ini mengangkat tema "Peran Masjid Dalam Menjaga Stabilitas Nasional Pada Pemilu Damai 2024 dengan Luber dan Jurdil Menuju Indonesia Sejahtera".

Baca juga : Citilink Dan Pelita Melebur Bisa Tekan Harga Tiket

Ketum MCMI Dr. H. Wishnu Dewanto mengatakan ijtihad politik setiap orang berbeda, namun di tahun politik ini pihaknya ingin berperan agar masjid yang menjadi rumah umat Islam terus berkontribusi lebih mengedepankan kepentingan bangsa.

"Harapan kita semua pemilu berlangsung damai dan untuk mencapai itu semua adalah menerapkan azas langsung, umum, rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil). Selain itu juga dibutuhkan netralitas dari aparatur negara agar menghasilkan pemerintah yang terpilih legitimate dalam mewujudkan menuju Indonesia sejahtera," ujar Wishnu Dewanto di sela-sela Rapimnas II dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/12).

Wishnu Dewanto menambahkan, menciptakan pemilu yang berkualitas membutuhkan peran seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga : Wujudkan Pemilu Damai, Kominfo Bentuk Satgas Anti Hoaks

Salah satunya menggunakan hak suaranya dalam pemilihan nanti atau tidak golput. Tidak hanya itu, suasana kondusif juga harus terus dipelihara dan tercipta antar sesama anak bangsa. 

"Masjid menjadi sarana yang sejuk untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran seperti itu, sehingga filosofis masjid sebagai rumah besar umat Islam, tidak hanya menjadi perekat sesama muslim tapi juga antar umat beragama," katanya.

Rapat Pimpinan Nasional ke 2 dan Seminar Nasional MCMI dihadiri sejumlah tokoh nasional yang menjadi pembicara.

Baca juga : TPD DKI Jakarta: Ganjar Sukses Yakinkan Rakyat Di Debat Perdana

Materi yang disampaikan lanjut Wishnu, akan menjadi referensi pihaknya untuk menyampaikan rekomendasi baik untuk internal maupun eksternal di tahun politik ini.

Satu diantaranya bagaimana masjid bisa menjadi barometer untuk menyampaikan program-program pemerintah yang sudah dilaksanakan bisa sampai ke masyarakat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.