Dark/Light Mode

PNS Boleh WFH 16-17 April, Menko PMK: Kamis-Jumat Jangan Bolos!

Sabtu, 13 April 2024 22:14 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengizinkan PNS bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada hari Selasa dan Rabu, 16 dan 17 April 2024. Menanggapi kebijakan tersebut, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi mengingatkan para PNS memanfaatkan waktu dengan baik. Jangan sampai menambah waktu libur. Sehingga pada hari Kamis dan Jumat, 18 dan 19 April 2024, PNS harus masuk kantor. 

"WFH Selasa dan Rabu, Kamis dan Jumat masuk, tidak boleh bolos," kata Menko Muhajir saat membuka sistem satu arah dari gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, seperti dikutip Antara, Sabtu (13/4/2024).

Baca juga : Pantau Jalur Mudik, Menko PMK: Kalau Jateng Berhasil, 50 Persen Sudah Sukses

Muhadjir menambahkan, kebijakan WFH pada 16 dan 17 April 2024 hanya berlaku untuk PNS. Karena itu, ia meminta ASN yang mudik untuk menyesuaikan waktu kembali ke tempat kerjanya.

Menurut dia, ASN tidak perlu ikut dalam arus balik seperti pemudik yang berasal dari non-ASN.

Baca juga : Ketua PBNU: Pemilu Pintu Menyamai Kebajikan, Jangan Golput!

Sementara Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan derajat kejenuhan lalu lintas atau V/C Ratio saat arus balik Lebaran ini lebih dari 1.

"Kami tidak mau ambil risiko jika terjadi kemacetan," kata Menhub

Baca juga : Kalau Ingin Dapat KUR, Jangan Pinjol, Urus NIB

Karena itu, lanjut dia, kebijakan penerapan bekerja dari rumah untuk ASN selama dua hari bisa memberi kesempatan pemudik untuk melakukan perjalanan dengan lebih tenang.

"Masih ada waktu, sehingga lihat waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan," kata Menhub.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.