Dark/Light Mode

Menlu Retno Temui Wapres, Lapor Perkembangan Teranyar Konflik Iran-Israel

Rabu, 17 April 2024 21:21 WIB
Menlu Retno Marsudi menemui Wapres KH Maruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Foto: BPMI/Setwapres)
Menlu Retno Marsudi menemui Wapres KH Maruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Foto: BPMI/Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menlu Retno Marsudi menemui Wakil Presiden KH Maruf Amin di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/04/2024). Dalam pertemuan itu, Menlu melaporkan situasi teranyar mengenai konflik Iran vs Israel. Dalam kesempatan itu juga, Menlu melaporkan konsistensi Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina. 

Juru Bicara (Jubir) Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, tujuan Menlu menemui Wapres untuk melaporkan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik antara Iran dan Israel yang memanas. 

Baca juga : Ketum Hipmi Minta Pemerintah Kaji Dampak Serangan Iran Ke Israel

“Jadi Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel,” ungkap Jubir dalam keterangan persnya. 

Selain itu, lanjut Jubir, Menlu juga melaporkan pada Wapres mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Menlu menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.  

Baca juga : Menlu: Pemerintah Terus Pantau Keselamatan WNI Pasca Serangan Iran Ke Israel

“Jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia,” tegas Jubir.

“Jadi Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini,” imbuhnya. 

Baca juga : Rute Penerbangan Timteng Terganggu, Kemenlu Minta WNI Tunda Pergi Ke Iran-Israel

Kemudian, tutur Jubir, Wapres pun mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel - Palestina melalui kesepakatan Two State Solution.

“Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten [menerapkan] Two State Solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.