Dark/Light Mode

Dari Jawa Hingga Papua, Rakyat Curhat Ke Gibran

Minggu, 21 April 2024 08:00 WIB
Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: FB Prabowo Subianto)
Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (Foto: FB Prabowo Subianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah ditetapkan sebagai pemenang Pilpres oleh KPU, Wakil Presiden terpilih sekaligus Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku, menerima banyak aduan persoalan warga. Yang curhat datang dari mana-mana, dari Jawa hingga Papua. Dari urusan infrastruktur hingga urusan listrik.

Gibran memang membuka Unit Layanan Aduan Surakarta atau ULAS di nomor WhatsApp miliknya. Program tersebut disediakan untuk warga Solo yang ingin menyampaikan aduan terkait berbagai program layanan Pemkot.

Belakangan, kata Gibran, semakin banyak warga yang menyampaikan aduan lewat nomor tersebut. Tak hanya warga Solo yang mengadu, warga dari Papua juga ikutan curhat di nomor tersebut.

Baca juga : Travel Ilegal BakalDitindak Pemerintah

“Sebagian besar sekarang luar Solo. Banyak dari Indonesia Timur, kalau dulu kan hanya sebatas Solo atau orang nyasar paling jauh orang Colomadu Karanganyar, Sukoharjo. Sekarang sampai Papua. Ya nggak masalah,” kata Gibran, di Solo, Jumat (19/4/2024).

Menghadapi curhatan tersebut, putra sulung Presiden Jokowi Itu mengatakan sebisa mungkin ditanggapi. Kata Gibran, persoalan yang diadukan pun beragam. Mulai dari infrastruktur hingga mafia tanah.

“Laporan banyak infrastruktur, mafia tanah, banyak sekali. Ya itu PR (pekerjaan rumah) ke depan,” ucapnya.

Baca juga : Seragam Adat Di Sekolah Tambah Beban Orang Tua

Kata Gibran, sebagai Wali Kota Solo, dirinya memiliki keterbatasan dalam merespons keluhan warga di luar Solo. Meski begitu Gibran mengatakan, tiap laporan dari warga itu akan dikoordinasikan dengan pejabat daerah terkait.

“Karena posisi saya masih Wali Kota, ya saya bisanya hanya mengkomunikasikan dengan orang-orang terkait pimpinan terkait dan sesuai kapasitas saya. Kapasitas saya ya hanya mengkomunikasikan. Seperti masalah listrik mengkomunikasikan dengan PLN, alhamdulillah banyak masukan-masukan bagus,” katanya.

Cerita Gibran dicurhatin warga dari Papua itu memang tidak mengada-ada. Baru-baru saja, Gibran membantu pemasangan listrik untuk warga salah satu distrik di Kabupaten Keerom, Papua.

Baca juga : Real Madrid Vs Barcelona, El Real Waspadai Blaugrana

Hal tersebut disampaikan lewat unggahan Bobon Santoso, koki yang kini banting setir jadi YouTuber. Dalam unggahannya, Bobon menceritakan bagaimana ia saling berkabar dengan Gibran lewat WhatsApp untuk membantu pemasangan listrik warga Keerom.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.