Dark/Light Mode

Kodam l/BB Bersama Artha Graha Peduli Aktifkan Kembali RSKI di Pulau Galang

Jumat, 26 April 2024 09:39 WIB
Kodam I dan Rempang Eco City dan Yayasan Artha Graha Peduli melalui Artha Graha Kesehatan menghidupkan kembali fungsi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI). (Foto: Istimewa)
Kodam I dan Rempang Eco City dan Yayasan Artha Graha Peduli melalui Artha Graha Kesehatan menghidupkan kembali fungsi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kodam I/ BB bersama PT Makmur Elok Graha sebagai pengembang Rempang Eco City dan Yayasan Artha Graha Peduli melalui Artha Graha Kesehatan (Arthakes) menghidupkan kembali fungsi Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang menjadi fasilitas klinik pratama bagi masyarakat.

Awalnya, RSKI digunakan untuk penangan pasien Covid-19. Semenjak Pemerintah menetapkan berakhirnya pandemi Covid-19 menjadi endemi pada akhir tahun 2022 lalu, RSKI pun ditutup. Difungsikannya kembali RSKI diapresiasi masyarakat.

Salah satunya warga Pulau Galang, Rasyid. Dirinya mengaku senang sekali RSKI kembali dibuka untuk umum.

"Kalau ada yang sakit kami tidak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Batam. Kami sangat bersyukur dan berharap rumah sakit ini cepat kembali berjalan, dan dilengkapi dengan fasilitas yang sama dengan rumah sakit yang ada di Batam," kata Rasyid, Jumat (26/4/2024).

Baca juga : Selama Cuti Lebaran, Layanan SIM Keliling Ditiadakan, Buka Kembali 16 April

Tenaga medis Arthakes Aulia mengatakan, selain tindakan kuratif, RSKI juga mengedapkan kegiatan bersifat preventif berupa penyuluhan kesehatan dengan melibatkan tenaga medis puskesmas dan kader posyandu setempat.

"Edukasi ini kami berikan kepada warga untuk pencegahan penyakit yang terkait kesehatan lingkungan, sanitasi, termasuk kesehatan balita, ibu hamil dan pencegahan stunting," katanya.

BP Batam dan mitra kerjanya, termasuk PT MEG dan Artha Graha Peduli melalui Arthakes terus meningkatkan fasilitas kesehatan di Pulau Rempang dan Galang, sehingga warga tidak perlu harus bersusah payah ke Batam.

Secara bertahap, BP Batam dan mitra kerjanya berencana terus meningkatkan fasilitas kesehatan sejalan dengan realisasi Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City.

Baca juga : Mabes TNI Bersama Artha Graha Peduli Berangkatkan 1.069 Pemudik

Dalam pertemuan dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dengan para tokoh (19/9/2023) lalu, Kepala BP Batam M. Rudi mengatakan, Rempang nantinya akan menjadi kawasan industri moderen, yang dilengkapi perkampungan nelayan teringrasi dengan pelabuhan moderen, kawasan industri, tentunya ditunjang fasilitas sosial, pendidikan dan kesehatan untuk mendukung ribuan pekerja dan warga di Pulau Rempang.

Untuk diketahui, kondisi Batam dan Rempang bak bumi dan langit. Batam tumbuh menjadi kota industri modern, kota terpadat penduduknya di Kepulauan Riau, dipenuhi fasilitas bintang lima dan salah satu pintu masuk menuju Singapura.

Sementara Rempang, minim fasilitas. Hanya dihuni 7.512 jiwa berdasarkan data BPS 2023). Mayoritas nelayan dan petani penggarap yang hidup sederhana. Warga Rempang yang harus ke Batam untuk berobat.

Memang Rempang memiiki dua Puskesmas di Rempang Cate dan Galang, tapi fasilitas dan tenaga medik terbatas serta tidak ada fasilitas rawat inap.

Baca juga : Mudik Asyik Bersama BUMN, BNI Antarkan 4.200 Pemudik Pulang Kampung

Di Kampung Nelayan Blongkeng, rumah-rumah warga umumnya semi permanen. Sebagian tidak memiliki fasilitas MCK memadai.

Merujuk data statistik kesehatan Kota Batam pada tahun 2022, angka kematian ibu dan bayi di Pulau Rempang dan Galang, masih lebih tinggi dibandingan dengan rata-rata nasional.

Masih banyak anak-anak di Pulau Rempang dan Galang yang mangalami gizi buruk. Penyakit menular seperti malaria, demam berdarah dan TBC masih menjadi masalah di kedua pulau itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.