Dark/Light Mode

Bandara Kertajati Siap Terbangkan 13.000 Calon Jemaah Haji

Sabtu, 4 Mei 2024 06:59 WIB
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melakukan Inspeksi serta meninjau kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk menghadapi musim Haji 1445 H/2024 M.
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melakukan Inspeksi serta meninjau kesiapan Bandara Kertajati (BIJB) untuk menghadapi musim Haji 1445 H/2024 M.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengecek kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka untuk pemberangkatan calon jemaah haji pada 12 Mei mendatang.

BIJB Kertajati akan melayani 13.000 calon haji dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan (Ciayumajakuning) Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Selama dalam kunjungannya, Bey juga mengecek beberapa fasilitas di BIJB Kertajati.

Baca juga : 3 Bandara Layani Fast Track untuk Jemaah Haji Indonesia, Terbanyak Sedunia

Bey juga meminta ke dirut BIJB agar menambah beberapa tanda-tanda penunjuk arah agar bandara kebangaan warga Jabar ini lebih ramai.

"Memang saya minta ke Pak Dirut (BIJB) harus ada tanda-tanda arah, juga jangan terlalu sepi bandaranya agar jemaah yang akan berangkat itu ceria, dan bahagia," ujar Bey Machmudin, di BIJB Kertajati Majalengka, Jumat (3/5/2024).

Bey meminta pihak bandara untuk memperhatikan pelayanan kepada calon haji (calhaj) yang banyak didominasi lansia agar mereka merasa nyaman dan aman ketika berada di bandara.

Baca juga : Afgan, Lyodra & Kunto Aji Siap Meriahkan Festival Pesona Nusantara di Yogya

"Tadi kita lihat semuanya sudah cukup baik tinggal nanti saya minta seperti misalnya cleaning service toilet diperbanyak dan petugas mendampingi para jemaah ini saya mendapatkan informasi dari Pak Kanwil sebagian besar lansia (berangkat haji)," tandasnya.

Untuk merespons banyaknya calhaj lansia, Bey mengemukakan telah menyiapkan 10 kursi roda dan dua mobil golf car untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada jemaah.

"Kursi roda menyiapkan yang sudah tersedia 10 dan akan ada juga golf car dua. Intinya kami ingin jemaah itu mudah aman pada saat berangkat dan pulang," jelas Bey.

Baca juga : Pertamina NRE Kian Gencar Gaungkan EBT Dan Transisi Energi

Sementara itu total calon jemaah haji yang berangkat dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 40.000.

Sebanyak 13.000 berangkat dari Kertajati sisanya akan terbang dari Bandara Soekarno Hatta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.