Dark/Light Mode

Disebut-sebut Masuk Kabinet Prabowo-Gibran

Eko Patrio Lebih Dikenal Orang Sebagai Pelawak

Rabu, 8 Mei 2024 07:25 WIB
Eko Patrio. (Foto: Instagram)
Eko Patrio. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Eko Hendro Purnomo yang disebut-sebut masuk bursa kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bikin heboh dunia maya. Beragam komentar diungkapkan netizen. Ada juga yang sanksi pada kemampuannya, karena pria yang biasa dipanggil Eko Patrio itu lebih dikenal sebagai komedian.

Nama Eko masuk dalam bur­sa kabinet Prabowo-Gibran dihembuskan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Minggu (5/05/2024) di kawasan SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta.

Saat itu, Zulkifli menyebut se­jumlah nama yang dianggap layak masuk dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024.

Baca juga : Budhy Ngaku Tak Tahu, Dedi Bingung Ada Apa

Namun, saat menyebut nama Eko, Zulkifli mengisyaratkan anggota DPR dari Fraksi PAN itu kemungkinan menjadi men­teri di kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Terpisah, Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Partaonan Daulay menilai, Eko mumpuni men­jadi menteri di pemerintahan mendatang. Sebab, Eko sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPR, serta mempunyai pengalaman memimpin Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Provinsi Jakarta.

Senada, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menilai, munculnya nama Eko sebagai menteri, kemungki­nan sudah dibicarakan dengan Prabowo. Sebab, nama itu lang­sung disebut oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Baca juga : Penonaktifan NIK Warga Jangan Sembrono Dong

“Yang menyampaikan kan Bang Zul (Zulkifli Hasan). Bang Zul kan Ketum, tentu punya saluran komunikasi khusus den­gan Pak Prabowo, kan sesama ketum. Saya menduga (nama Eko), didapat langsung dari Pak Prabowo,” ujarnya di Jakarta, Senin (6/5/2024).

Pengamat politik dari Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, presiden terpilih biasanya memasukan nama-nama menteri berdasarkan tiga hal, yakni pertimbangan politik, teknokratik dan publik.

Hanta menduga, masuknya nama Eko sebagai salah satu bakal calon menteri, didasarkan pertimbangan politik.

Baca juga : Duel Hidup Mati Garuda Muda

“Pertimbangan politik, perim­bangan kekuasaan, yakni kursi di parlemen. Kalau dia prefer­ensi kuat dari ketum partai, dia berpeluang,” ujarnya.

Dari segi teknokratik, lanjut Hanta, Eko juga cukup kuat dan mengerti tentang dunia hiburan dan ekonomi kreatif. Karenanya, Eko memiliki peluang mengisi posisi yang berhubungan dengan hal tersebut.

“Mas Eko tidak memiliki catatan negatif, seperti kasus hu­kum, saya kira clear,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.