Dark/Light Mode

Warna Air Danau Kawah Gunung Dempo Berubah Dalam Semalam, PVMBG Bilang Begini

Jumat, 10 Mei 2024 15:11 WIB
Warna air danau kawah Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan pada 8 Mei 2024. (Foto: Instagram)
Warna air danau kawah Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan pada 8 Mei 2024. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warna air danau kawah Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan dilaporkan berubah dalam semalam.

Pada tanggal 8 Mei 2024, air danau kawah berwarna hijau tosca. Namun pada tanggal 9 Mei 2024, air danau kawah berubah menjadi abu-abu. Terlihat asap kawan berwarna putih, dengan intensitas tipis.

Baca juga : Fotonya Hilang Di Kantor DPD PDIP, Jokowi Bilang Begini

 

Perubahan warna air sabah kawah Gunung Dempo di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. (Foto: PVMBG)


Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Dempo masih berstatus Level II (Waspada)

Baca juga : Inggris Dukung Dan Berbagi Pengalaman Ke Indonesia Untuk Bergabung Ke CPTPP

Terkait hal ini, Pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan, perubahan warna air danau kawah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti curah hujan yang tinggi, meningkatnya suhu air danau, dan adanya arus konveksi (air dengan temperatur lebih tinggi naik ke permukaan, sedangkan air yang temperaturnya lebih rendah turun ke bagian bawah danau).

Selain itu, juga terdapat indikasi pemanasan yang cukup intensif oleh magma di bawah danau kawah, yang tercermin dari meningkatnya amplitudo tremor yang terekam serta asap tipis yang terlihat di atas danau kawah.

Baca juga : Netralitas Jokowi Disinggung Di PBB, Airlangga Bilang Begini

"Pemanasan oleh magma yang terus menerus, dapat meningkatkan terjadinya erupsi freatik di Gunung Dempo," terang PVMBG melalui laman Instagram resminya, Jumat (10/5/2024).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.