Dark/Light Mode

Heboh Permintaan Rp 12 M Untuk Predikat WTP Kementan

Catat! BPK Janji Sidang Etik Oknum Auditor Nakal

Sabtu, 11 Mei 2024 06:10 WIB
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (Foto: Istimewa)
Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Pak Hatta juga ada, Pak Ali Jamil juga mendengar permintaan itu,” sebut Hermanto.

“Kemudian apa tanggapan dari Saksi, Pak Hatta, Ali Jamil mendengar permintaan itu. Apakah langsung mengiyakan per­mintaan itu?” kejar jaksa.

“Kita kaget saja, terkejut. Dari mana uangnya, karena kita nggak tahu selama ini,” ungkap Hermanto.

Baca juga : Balikan Dengan Al, Dihujat Red Flag

“Lalu bagaimana setelah itu Rp 10 miliar saja kaget. Lalu bisa naik Rp 12 miliar itu ba­gaimana?” sambung jaksa ber­tanya lagi.

“Ada pertemuan berikutnya di BPK. Pada saat itu dihadiri Pak Menteri, Sekjen semua. Selesai acara itu kita turun di lobby. Kemudian Pak Victor mengham­piri Pak Dirjen Ali Jamil dengan saya waktu itu, dia bilang itu ditambah jadi 12. Terus saya panggil Pak Hatta. ‘Pak Hatta ini minta nambah’, gitu ceritanya,” jelas Hermanto.

“Akhirnya apakah sepengeta­huan saksi dipenuhi semua per­mintaan Rp 12 M itu atau hanya sebagian atau bagaimana yang saksi tahu?” korek jaksa.

Baca juga : Banteng Medan Minta Maaf

“Ndak, kita tidak penuhi. Yang saya dengar mungkin kalau ndak salah sekitar Rp 5 M atau berapa gitu. Yang saya dengar ya,” kata Hermanto.

Hermanto mengemukakan, kerap dikontak Victor soal kekurangan uang tersebut. “Masih menghubungi lagi dia (Victor)?” kata jaksa.

“Ya, ‘tolong sampaikan, to­long sampaikan’, begitu,” ujar Hermanto.

Baca juga : Sri Mulyani Pilih Ngemong Cucu

Berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Hermanto, predikat WTP atas laporan keuangan Kementan tahun 2022 akhirnya diserahkan AKN 4 Haerul Saleh kepada Mentan Syahrul Yasin Limpo di Balai Embrio Ternak di Cipelang, Bogor.

Rentang waktu penyerahan predikat WTPberjarak sekitar 1 atau 2 bulan sejak adanya permintaan uang Rp 12 miliar itu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 11 Mei 2024 dengan judul Heboh Permintaan Rp 12 M Untuk Predikat WTP Kementan, Catat! BPK Janji Sidang Etik Oknum Auditor Nakal

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.