Dark/Light Mode

Dukung Pembentukan Klub Presiden, Heikal Safar: Rekonsiliasi Akan Lebih Mudah

Selasa, 14 Mei 2024 01:07 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Gerakan Indonesia Mandiri (GIM) Heikal Safar mendukung ide pembentukan Klub Presiden yang digagas Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

Dia meyakini, dibentuknya Klub Presiden tersebut bertujuan untuk menjadikan Indonesia negara maju.

Apalagi, menurut Heikal, dibentuknya klub Presiden tersebut bukan dimaksudkan sebagai institusi formal. Melainkan ingin meniru The President’s Club Amerika.

Baca juga : Gerindra Mulai Bahas Revisi UU Kementerian

“Sehingga Insya Allah silaturahmi para Presiden akan terjalin dengan sebaik-baiknya ,” ujar Heikal, mengutip kalimat juru bicara Prabowo disampaikan kepada sejumlah awak media, Selasa (14/5/2024).

Di samping itu, Heikal menilai,  kemampuan, kapasitas dan pengalaman besar seorang mantan Presiden akan mampu memberikan saran dan kritik yang konstruktif kepada Presiden yang menjabat.

Meski begitu, Heikal menilai, kendalanya ada pada hubungan antara Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Ke-6 RI Soesilo Bambang Yudhoyono alias SBY yang kurang harmonis.

Baca juga : Sekjen ATR Akan Lapor Ke Presiden Soal Konflik & Redistribusi Tanah Di Summit 2024

“Tentunya publik pun melihatnya masih pesimis. Secara psikologi politik, ada tembok tebal yang memisahkan mereka, sulit disatukan,” tuturnya.

Heikal menilai, ketika presiden dan mantan-mantan presiden bersatu dalam Klub Presiden, maka perpolitikan nasional serta rekonsiliasi di tengah masyarakat, akan Lebih mudah terwujud.

“Kalau Anggota DPR RI dan mantan-mantan Anggota DPR RI saja mampu menguntungkan dan mensejahterakan masyarakat di dapilnya masing-masing, apalagi mantan-mantan presiden, bisa kita bayangkan dahsyatnya kalau mereka bersatu bukan?” ucap Heikal.

Baca juga : Firman Soebagyo: Bila Terealisasi, Akan Jadi Contoh Di Dunia

“Ayo kita sama-sama bergandengan tangan, kolaborasikan pikiran dan kekuatan untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia. NKRI Harga Mati!” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.