Dark/Light Mode

Gunung Ibu Naik Status Awas! Zona Bahaya Diperluas, Masyarakat Diimbau Waspada

Kamis, 16 Mei 2024 20:20 WIB
Ilustrasi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara. (Foto: Instagram/pvmbg_)
Ilustrasi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara. (Foto: Instagram/pvmbg_)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara kembali menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan. Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang dilakukan oleh Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu (Pos PGA).

Badan Geologi Kementerian ESDM menaikkan status gunung tersebut dari Siaga (Level III) menjadi. Awas (Level IV) terhitung sejak 16 Mei 2024 pukul 15.00 WIT.

Peningkatan aktivitas ini ditandai dengan berbagai indikator, seperti peningkatan gempa Vulkanik Dalam (VDA) dan gempa dangkal, teramati rentetan gempa dangkal yang intens, ketinggian kolom erupsi mencapai 5.000 meter, dan lontaran lava pijar sejauh 1,5 km dari bibir kawah.

Baca juga : Gunung Ibu Naik Status Siaga, Masyarakat Diminta Waspada

Menyikapi hal ini, Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak melakukan aktivitas, pendakian, dan mendekati Gunung Ibu di dalam radius 4 km dan sektoral 7 km dari arah bukaan kawah di bagian utara kawah aktif.

Zona bahaya diperluas sebagai upaya antisipasi terhadap potensi bahaya erupsi yang lebih besar.

Masyarakat diimbau untuk mengikuti instruksi dari petugas dan selalu memantau perkembangan informasi terkait aktivitas Gunung Ibu.

Baca juga : IKALUIN Award Digelar Lagi, Masyarakat Diajak Pilih Alumni UIN Berprestasi

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan:

Memperbarui informasi tentang aktivitas Gunung Ibu dari sumber terpercaya, seperti Badan Geologi Kementerian ESDM atau Pemerintah Daerah setempat.

Mempunyai rencana evakuasi dan mengikuti petunjuk dari petugas jika terjadi erupsi. Mempersiapkan perlengkapan darurat seperti masker, kacamata, dan P3K.

Baca juga : Update Aktivitas Gunung Ruang: Masih Status Awas, Ini Imbauan Untuk Masyarakat

Menjauh dari zona bahaya yang telah ditetapkan. Tidak menyebarkan informasi yang tidak benar yang dapat menimbulkan kepanikan.

Pemerintah daerah dan instansi terkait juga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi dalam menghadapi potensi erupsi Gunung Ibu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.