Dark/Light Mode

PPDGS RKG UI Gelar Pengabdian Masyarakat Di Rusun Penjaringan

Jumat, 17 Mei 2024 16:56 WIB
Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, Departemen Radiologi Kedokteran Gigi (RKG), Senin, 6 Mei 2024, di Rumah Susun Penjaringan, Jakarta Utara. [Foto: Dok Pengmas RKG FKG UI]
Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia, Departemen Radiologi Kedokteran Gigi (RKG), Senin, 6 Mei 2024, di Rumah Susun Penjaringan, Jakarta Utara. [Foto: Dok Pengmas RKG FKG UI]

 Sebelumnya 
Kegiatan ini bertajuk “Edukasi Pencegahan Stunting dan Karies Gigi” (Hindari Karies, Cegah Stunting pada Ibu Hamil dan Ibu dengan Anak Batita). Tujuannya, ungkapnya Puti lagi, adalah pemberian edukasi promosi kesehatan, khususnya pengaruh kesehatan gigi dan mulut terhadap stunting untuk ibu hamil dan/atau ibu dengan anak batita, di Rumah Susun Penjaringan, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain kegiatan penyuluhan, Puti menjelaskan, juga dilakukan pemeriksaan gigi gratis, untuk mendapatkan status karies gigi peserta yang datang. Pada penyuluhan, juga dijelaskan mengenai pentingnya pemeriksaan radiologi, dalam mendukung keberhasilan perawatan gigi.

Baca juga : PNM Gencar Gelar Pelatihan Literasi Keuangan Digital

Diharapkan, penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil dan ibu dengan anak batita mengenai pentingnya pencegahan karies pada anak. Sehingga tercapai status gizi optimal, sebagai upaya pencegahan stunting.

“Juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pemeriksaan radiologi dental, sebagai alat penunjang keberhasilan perawatan gigi di Rumah Susun Penjaringan, Jakarta Utara,” pungkas Puti.

Baca juga : IKALUIN Award Digelar Lagi, Masyarakat Diajak Pilih Alumni UIN Berprestasi

Pengabdian Masyarakat kali ini diikuti oleh Ketua Program Studi (KPS) Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), Dr. Drg Menik Priminiarti, Sp.RKG(K); Kepala Departemen Radiologi Kedokteran Gigi (RKG) Universitas Indonesia, drg Bramma Kiswanjaya, PhD, drg. Syurri Innaddinna Syaraini M.Biomed, Sp.RKG, drg. Aloysius Putut Wijanarko, Msc, Sp.RKG.

Selain itu, juga diikuti mahasiswa koas dan PPDGS RKG FKG Universitas Indonesia. Termasuk staf Kelurahan Penjaringan, perwakilan Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS), dan perwakilan Puskesmas Kelurahan Penjaringan. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.