Dark/Light Mode

Konser Anak Ni Raja 2024, Upaya Lestarikan Bahasa dan Budaya Batak

Minggu, 19 Mei 2024 09:07 WIB
Konferensi pers Konser Anak Ni Raja 2024. (Foto: Istimewa)
Konferensi pers Konser Anak Ni Raja 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musik dan budaya Batak dari Sumatera Utara sudah amat dikenal luas, tidak hanya di Tanah Air, bahkan ke level internasional. Itu semua tak lepas dari banyaknya musisi dan penyanyi Batak dengan kemampuan vokal yang menakjubkan.

Namun, beberapa tahun belakangan ini, gema Batak yang merupakan rumpun besar dari beberapa suku di Sumatera Utara, dirasakan mulai berkurang gaungnya. Salah satu faktornya adalah penurunan kecintaan terhadap musik dan budaya Batak dari kalangan anak muda atau kini dikenal Milenial. Yang lebih menyedihkan, menurut musisi ternama asal Batak, Posan Tobing, banyak anak-anak keturunan Batak yang melupakan bahkan hingga tak bisa berbahasa Batak.

Baca juga : PNM Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Bandang Sumatera Barat

Berangkat dari kondisi itulah, Posan Tobing bersama sejumlah musisi lain asal Batak menggagas pentas musik bertitel "Konser Anak Ni Raja 2024". Konser yang berlangsung di Bekasi Convention Center, Mega City, Bekasi, Sabtu (18/5) ini melibatkan sederet musisi dan artis yang akan mengangkat karya lagu-lagu Batak.

Selain Posan Tobing sebagai motor dan bintang di acara ini, penyanyi yang turut memeriahkan Konser Anak Ni Raja antara lain Novita Dewi, Alex Hutajulu, Vicktor Hutabarat, Rani Simbolon, Ossen Hutasoit, Dorman Manik, Jun Munthe, dan Duo Naimarata.

Baca juga : Kain Tenun Hingga Wayang Golek Meriahkan Pameran Budaya Di Rusia

“Konser Anak Ni Raja ini bertujuan untuk melestarikan Bahasa dan Budaya Batak agar generasi muda lebih tertarik lagi dalam karya seni lagu-lagu Batak," ujar Posan Tobing, dalam konferensi pers di BCC, Mega City, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/5) malam.

Konser Anak Ni Raja ini dibalut dengan aransemen terbaik oleh Posan Tobing, serta diperkuat dengan unsur orchestra yang membuat konser akan semakin berkelas dan berkualitas nasional. Belum lagi tata panggung megah dan kekuatan sound system berdaya 6.000 watt, membuat Konser Anak Ni Raja menjadi spektakuler.

Baca juga : Indonesia Technology Investment Summit 2024 Kaji Kecerdasan Buatan

"Saya sangat senang bisa berpartisipasi dalam konser ini, yang benar-benar tak menyangka bisa semegah dan spektakuler," ucap Novita Dewi.

Konser ini juga banyak mendapat dukungan dan sponsor, di antaranya Vany Songket dan Baba Parfum, yang bertekad terus mendukung upaya para musisi untuk menggaungkan kembali musik dan budaya Batak, bahkan hingga level dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.