Dark/Light Mode

Dihadiri Puan, Jokowi Jamu Makan Malam Tamu Negara World Water Forum Ke-10

Minggu, 19 Mei 2024 22:28 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani foto bareng dengan Presiden Jokowi saat jamuan makam malam di World Water Forum 10 di Bali, Minggu (19/5) malam
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani foto bareng dengan Presiden Jokowi saat jamuan makam malam di World Water Forum 10 di Bali, Minggu (19/5) malam

RM.id  Rakyat Merdeka - Jamuan makam malam para tamu negara dalam rangkaian World Water Forum ke-10 berlangsung hangat dan khidmat. Suara petikan gitar Sape khas Suku Dayak, Kalimantan Timur, mengawali dimulainya makan malam. 

Seniman Yuan Prawida yang mengenakan baju tenun dan hiasan kepala khas Kalimantan mengiringi makan malam dengan instrumen lagu pop Indonesia dan mancanegara.

Presiden Jokowi menyambut tamunya di welcoming dinner yang digelar di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Minggu (19/5) malam.

Jokowi tiba pukul 18.53 WITA di GWK didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadi Mulyana, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, dan Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya.

Baca juga : PLN Pastikan Listrik Bali Tanpa Kedip Selama World Water Forum

Lalu, Pukul 19.03 WITA Presiden World Water Council (WWC) Loïc Fauchon menjadi yang pertama tiba. Loic terlihat mengenakan kemeja tenun endek khas Bali, berwarna marun berpadu celana hitam ini langsung diterima Presiden Jokowi di panggung penerimaan tamu. 

Usai berbincang, Loic langsung menuju ke lokasi jamuan di dalam kawasan GWK. Sekitar pukul 19.07 WITA, menyusul Wakil Perdana Menteri Papua Nugini, John Rosso. Terlihat, PM Papua Nugini mengenakan kemeja tenun sintang khas Kalimantan berwarna coklat dipadu celana hitam.

Pada pukul 19.10 WITA kemudian tiba utusan khusus Belanda Meike van Ginneken yang tidak lama berselang disusul Presiden Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dennis Francis yang juga mengenakan kemeja tenun motif berwarna coklat.

Kemudian pukul 19.13 WITA, tiba utusan khusus Prancis Barbara Pompili dengan mengenakan baju putih berpadu selendang motif tenun dan celana coklat. 

Baca juga : Terbang Ke Bali, Jokowi Bakal Buka KTT WWF Ke 10 Besok

Selanjutnya, pukul 19.17 WITA menyusul tiba Menteri Energi dan Infrastruktur Persatuan Emirat Arab Suhael Muhamed Al Mazroui, yang selang beberapa saat diikuti tiba bersama istri Wakil Perdana Menteri Malaysia Dato Sri Haji  Fadillah Bin Haji Yusof.

Pada pukul 19.21 WITA, hadir mantan Presiden Hungaria Janos Ader dengan menggunakan Batik senada berwarna coklat bersama istri. Pukul 19.22 WITA tiba Perdana Menteri (PM) Tajikistan Qohir Rasulzoda, disusul pukul 19.25 WITA Presiden Sri langka, Ranil Wickremesinghe. 

Kemudian, tiba Presiden Fiji, Ratu Wiliame Maivalili Katonivere yang mengenakan kemeja tenun Sintang berwarna kuning dan coklat.

Presiden Jokowi kemudian menerima kedatangan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani pada pukul 19.30 WITA. Puan datang mengenakan baju putih berpadu rok kain batik coklat.

Baca juga : Kemenkominfo Geber Kementerian/Lembaga Gaungkan World Water Forum 2024

Usai seluruh tamu World Water Forum ke-10 masuk ke ruangan jamuan, Jokowi memberikan sambutan selamat datang kepada para kepala negara dan delegasi WWF. 

Jokowi berharap para tamu menikmati jamuan hidangan dan pertunjukkan khas Indonesia yang telah disediakan.

“Terima kasih atas partisipasinya. Saya berharap semangat malam ini dapat membawa kita untuk bekerja bersama berbagi akses air bersih dan sanitasi untuk semua orang,” kata Jokowi.

Alunan seni musik dan tari khas budaya Indonesia mengiringi makan malam yang dihadiri 2.300 undangan yang terdiri dari 500 undangan naratetama atau Very Very Important Person.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.