Dark/Light Mode

Diresmikan Jokowi, Jalan Daerah Di Sumut Sekarang Bisa Dilalui

Kamis, 14 Maret 2024 16:27 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 30 ruas jalan di Sumatera Utara, Kamis (14/3)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 30 ruas jalan di Sumatera Utara, Kamis (14/3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan perbaikan 30 ruas jalan di Sumatera Utara. Perbaikan jalan dilaksanakan melalui Inpres Jalan Daerah (IJD). 

Peresmian jalan dilakukan di ruas Jalan D.I Panjaitan di Kota Tanjung Balai pada Kamis (14/3).

Baca juga : Pencarian Penumpang Kapal Terbalik Di Perairan Pulau Rambut Dilanjutkan

"Pada tahun 2023 di Provinsi Sumatera Utara telah dianggarkan Rp 868 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 209 km untuk 30 ruas jalan di 18 kabupaten/kota," kata Presiden. 

Delapan belas kabupaten/kota yang jalan daerahnya ditangani melalui IJD tahun anggaran 2023 yaitu Kab Labuhan Batu Utara, Kab. Asahan, Kota Tanjung Balai, Kab. Serdang Bedagai, Kab. Deli Serdang, Kab. Langkat, Kab. Simalungun, Kab. Dairi, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Karo, Kab. Pakpak Bharat, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Tengah, Kab. Mandailing Natal, Kab. Nias Utara, Kota Gunung Sitoli, Kab. Nias, dan Kab. Nias Selatan. Pelaksanaan IJD di Sumut menyusul kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kabupaten Labuhan Batu Utara pada 17 Mei 2023 yang lalu dan tuntas seluruhnya di awal 2024 ini.

Baca juga : Diungkap Ganjar, Jalan Hak Angket Panjang & Tak Mulus

"Untuk jalan menuju ke kebun jeruk di Liang Melas Datas Kabupaten Karo yang dulu dikunjungi Presiden juga sudah kita tangani sepanjang 37,2 km," kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Junaidi. 

Sementara Camat Tanjung Balai Utara, Gando Tuah Karo Karo mengatakan, kondisi Jalan D.I Panjaitan sebelum perbaikan sangat memprihatinkan. 

Baca juga : Setelah Ngomong Pemilu Dan Partai, JK Banyak Diserang Balik

Menurutnya, dulu jalan ini bagaikan kubangan kerbau, berlubang dan penuh dengan genangan apabila terjadi banjir rob. 

"Setelah adanya Inpres Jalan Daerah khusus di Sumut, sekarang masyarakat Tanjung Balai sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Presiden karena jalan di daerah kami sudah terbangun menjadi sarana dan prasarana bagi masyarakat," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.