Dark/Light Mode

Senangnya Jemaah Haji Disambut Ramah & Dapat Smart Card Saat Tiba di Makkah

Selasa, 21 Mei 2024 03:12 WIB
Jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. (Foto: Dok. Kemenag)
Jemaah haji Indonesia tiba di Makkah. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01) tiba di Makkah. Jemaah yang diberangkatkan dari Madinah itu tiba di Hotel Al Ghadeer, Syisyah, Makkah, Senin (20/5). Total jemaah JKG-01 berjumlah 392 orang, tiba dengan menggunakan 10 bus.

Mereka berangkat dari Hotel Abraj Taba dengan mengenakan kain ihram dan sudah mengambil miqat makani di Masjid Bir Ali untuk selanjutnya melaksanakan ibadah Umrah di Makkah Al Mukarramah. Para jemaah tiba sekitar pukul 12.30 Waktu Arab Saudi (WAS). Kedatangan para jemaah disambut dengan suka cita. Mereka diberikan bunga, jus, cemilan, kue, hingga suvenir berupa parfum.

Entam Rustamah, salah satu jemaah haji yang tergabung dalam kloter JKG-01 sangat senang dan terharu dengan sambutan yang diberikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Baca juga : Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Makkah, Istirahat 4 Jam Lalu Umrah Wajib

"Kami bersyukur sekali semuanya ramah menyambut saya, dari mulai bus, begitu turun orang-orang yang ada di Makkah (menyambut). Begitu terharu saya, dituntun, dikasih makanan. Ya Allah begitu baiknya. Bersyukur sekali. Semoga bisa menjadi haji yang mabrur," ucap Entam, sambil mengusap air matanya, seperti dikutip Kemenag.go.id.

Smart Card 

Para jemaah juga diberikan smart card haji. Salah satu jemaah menjadi perwakilan untuk acara serah terima smart card. Kartu tersebut dikalungkan kepada jemaah tersebut.

Smart card berbentuk kartu elektronik yang dikeluarkan secara resmi oleh Kerajaan Arab Saudi. Kartu ini untuk memudahkan jemaah dalam mengakses informasi yang berkaitan dengan haji, seperti lokasi-lokasi pelaksanaan haji di Tanah Suci.

Baca juga : Bertahap, Jemaah Haji Diberangkatkan dari Madinah ke Makkah untuk Umrah Wajib

 

Smart card ini merupakan akses masuk ke Arafah. Sehingga kartu tersebut harus selalu dibawa oleh jemaah dan jangan sampai hilang.

Kepala Daerah Kerja Makkah Khalilurrahman menyampaikan, PPIH Arab Saudi telah menyiapkan seluruh fasilitas maksimal bagi jemaah. "Kami ingin jemaah dapat aman dan nyaman selama beribadah di Kota Makkah. Di pemondokan, ada petugas-petugas yang siap melayani jemaah. Silakan menghubungi petugas bila perlu bantuan," ungkap Khalil.

Baca juga : KKHI Imbau Jemaah Haji Utamakan Istirahat di Hotel Saat Pertama Tiba di Saudi

Upaya memberikan kenyamanan ibadah juga dilakukan dengan pemberian smart card yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. "Seluruh jemaah haji Indonesia akan kita bagikan smart card ini saat tiba di Makkah. Jangan sampai hilang, karena kartu ini menjadi penanda agar jemaah dapat masuk ke Arafah nanti," tutur Khalil.

"Hanya mereka yang memiliki kartu ini yang berhak masuk Arafah," sambungnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.