Dark/Light Mode

Jemaah Haji Diimbau Hormati Budaya Saudi, Baik Pergaulan Maupun Cara Berpakaian

Senin, 27 Mei 2024 19:22 WIB
Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)
Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jemaah Haji Indonesia akan berada di Tanah Suci kurang lebih 41 hari. Selama tinggal di Tanah Suci, jemaah haji diimbau menghormati budaya setempat, baik dalam bermuamalah atau pergaulan dan dalam tata berpakaian.

“Dalam tata berpakaian, jemaah dilarang menggunakan pakaian yang membuka aurat atau yang melanggar kesopanan saat di dalam hotel seperti memakai daster atau celana pendek. Menjaga pergaulan (khususnya saat ihram) apalagi pergaulan lawan jenis dengan non muhrim,” terang anggota Media Center Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda, dalam keterangan resmi Kemenag di Jakarta, Senin (27/5).

Baca juga : 15 Jemaah Haji Wafat di Tanah Suci, Berikut Data Lengkapnya

Hal penting lainnya adalah jangan bersendawa di sembarang tempat. Sebab, dalam budaya Arab Saudi, bersendawa adalah sesuatu yang jorok.

“Lalu, bersikap wajar terhadap lawan jenis, apalagi kepada orang yang tidak dikenal, agar tidak dianggap menggoda atau lainnya,” kata Widi.

Baca juga : 90 Ribu Jemaah Haji Telah Tiba di Tanah Suci, 11 Orang Wafat

Ia melanjutkan, ketentuan lain yang perlu mendapat atensi jemaah adalah mematuhi ketentuan atau larangan selama tinggal di hotel. Larangan tersebut di antaranya, jemaah tidak boleh memasak di dalam kamar dan tidak merokok di dalam hotel, dan menjemur pakaian di sembarang tempat.

“Jangan membuat jemuran di kamar dengan cara mengaitkan tali jemuran pada pemadam api (fire sprinkler) di kamar). Bila perangkat fire sprinkler tersebut terlepas, maka akan memicu air keluar dan membasahi kamar,” tandasnya.

Baca juga : Dapat Komsumsi Full, Jemaah Haji Diimbau Tak Bawa Beras ke Tanah Suci

Ketentuan dan larangan lainnya yang harus dipatuhi jemaah, lanjut Widi, tidak membuang puntung rokok sembarang. Sisa bara di puntung rokok bisa memicu risiko besar yaitu kebakaran.

“Selanjutnya, jemaah agar bijak dalam penggunaan air di hotel. Gunakan air secukupnya dan jangan lupa matikan keran air dengan rapat setelah tidak digunakan,” pesan dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.