Dark/Light Mode

Ini 99 Perusahaan Yang Diganjar Penghargaan Bergengsi Atas Upaya Selamatkan Bumi

Jumat, 31 Mei 2024 21:50 WIB
Ini 99 Perusahaan Yang Diganjar Penghargaan Bergengsi Atas Upaya Selamatkan Bumi

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 99 perusahaan nasional dari berbagai sektor diganjar Penghargaan Transparansi dan Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024, di acara Penganugerahan Emisi Korporasi 2024, Jakarta, Rabu malam, (29/5).

CEO Investortrust, Primus Dorimulu mengatakan penghargaan ini adalah wujud apresiasi terhadap upaya perusahaan di Indonesia dalam mengelola dan menurunkan emisi karbon secara berkelanjutan.

"Perusahaan yang bisa menurunkan emisi karbon patut diberikan apresiasi karena sudah berkontribusi menyelamatkan bumi," ujar CEO Investortrust, Primus Dorimulu.

Ia menyampaikan bahwa penilaian emisi korporasi ini dilakukan Investortrust bersama dengan Bumi Global Karbon (BGK). 

Founder Bumi Global Karbon, Deni Daruri berharap, pemerintah memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menekan emisi karbon dalam proses bisnisnya.

“Karena bagaimanapun, hal ini akan membantu pemerintah dalam menekan emisi gas rumah kaca (GRK) serta mencapai target emisi nol bersih atau net zero emission (NZE) Indonesia pada 2060 atau lebih cepat,” ujar Deni Daruri.

Baca juga : Bantu Sejahterakan Masyarakat, PLN Indonesia Power Diganjar Penghargaan TOP CSR

Dia juga berharap, penghargaan emisi korporasi ini bisa memberikan inspirasi kepada perusahaan yang belum mendapatkan penghargaan agar bisa menurunkan emisi. Sebab, penurunan emisi karbon merupakan tanggung jawab bersama, tidak hanya individu tetapi juga bagian dari perusahaan.

Deni juga mengatakan, penerima penghargaan dipilih setelah menelusuri data sekitar 900 korporasi. Hasilnya, ditemukan sekitar 120 perusahaan yang dinilai punya sustainability report yang sesuai standar.

Ia menjelaskan bahwa, dari 99 perusahaan yang memperoleh penghargaan tersebut dibagi dalam lima kelompok, yaitu kelompok emiten perbankan, emiten non perbankan, BUMN perbankan, BUMN non perbankan, dan perusahaan yang tidak termasuk emiten maupun BUMN.

Sebanyak 17 perusahaan meraih predikat Green Elite untuk transparansi penurunan emisi korporasi, dan 18 perusahaan meraih penghargaan Platinum Plus untuk transparansi perhitungan emisi korporasi.

Penghargaan diberikan dalam delapan gelar, yaitu Platinum Plus, Platinum, Gold Plus, Gold, Silver Plus, Silver untuk perusahaan yang melakukan transparansi pengungkapan perhitungan emisi serta gelar Green Elite dan Green untuk perusahaan yang mengungkapkan adanya penurunan emisi yang mereka capai.

Perhitungan dan penurunan emisi tersebut didapatkan berdasarkan data yang tertera pada laporan keberlanjutan atau sustainable report yang terbit pada tahun 2023 serta tersedia di website official masing-masing perusahaan.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Awasi Pengisian LPG di SPBE dan SPPBE Wilayah Sukabumi

Assurance untuk perhitungan emisi tersebut juga menjadi kriteria untuk dipertimbangkan dalam penilaian. Mendapatkan penghargaan terkait emisi merupakan salah satu bentuk pencapaian kinerja lingkungan perusahaan. 

Hal ini diharapkan bisa memberikan motivasi untuk peningkatan kinerja serta bentuk nyata dukungan perusahaan bagi pencapaian target penurunan emisi nasional serta internasional.

Daftar lengkap perusahaan penerima penghargaan:

Emiten Perbankan

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memperoleh penghargaan Green Elite dalam transparansi penurunan emisi korporasi, bersama PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, dan PT Bank BTPN Tbk.

Dalam transparansi perhitungan emisi korporasi, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mendapat penghargaan Platinum Plus, bersama PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, PT Bank BTPN Tbk, dan PT Bank Aladin Syariah Tbk.

Emiten Non-Perbankan

Perusahaan yang mendapat predikat Green Elite untuk transparansi penurunan emisi korporasi adalah PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Astra International Tbk, dan PT Bumi Resources Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk, dan PT Merdeka Copper Gold Tbk.

Baca juga : Garang Di April, Duo Brasil Persib Diganjar Penghargaan

Terkait transparansi perhitungan emisi, PT Indo Tambangraya Megah Tbk mendapat penghargaan Platinum Plus, bersama PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Bumi Resources Minerals Tbk, dan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Sementara PT Astra International Tbk, Bumi Resources Tbk, PT Medco Energi Internasional Tbk, dan PT Merdeka Copper Gold Tbk mendapat penghargaan Gold Plus. 

PT Cikarang Listrindo Tbk juga meraih penghargaan Platinum Plus dalam transparansi perhitungan emisi dan predikat Green untuk penurunan emisi korporasi.

BUMN Perbankan

Penerima penghargaan dalam penurunan emisi korporasi dengan predikat Green Elite adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. 

Mereka mendapat penghargaan Platinum Plus dalam transparansi perhitungan emisi korporasi.  Sementara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk meraih predikat Green untuk transparansi penurunan emisi korporasi dan penghargaan Platinum dalam transparansi perhitungan emisi korporasi.

BUMN Non-Perbankan: 

Penghargaan Green Elite diraih PT Pertamina (Persero), bersama PT Pupuk Kalimantan Timur, dan PT PLN Nusantara Power. Ketiganya meraih penghargaan Platinum Plus dalam transparansi perhitungan emisi korporasi.

Non-Tbk dan Non-BUMN:

PT Kaltim Prima Coal meraih predikat Green Elite untuk transparansi penurunan emisi korporasi dan penghargaan Silver Plus dalam transparansi perhitungan emisi korporasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.