Dark/Light Mode

HUT Ke-25, Tanam 25 Ribu Mangrove

Menteri LHK Puji Aksi Nyata Rakyat Merdeka Selamatkan Bumi

Kamis, 25 April 2024 12:52 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya saat memberikan sambutan di acara penanaman 25 ribu pohon mangrove di Kapuk Muara, Jakarta, Kamis (25/4/2024). (Foto: RM.id/ Dido Pambudo)
Menteri LHK Siti Nurbaya saat memberikan sambutan di acara penanaman 25 ribu pohon mangrove di Kapuk Muara, Jakarta, Kamis (25/4/2024). (Foto: RM.id/ Dido Pambudo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan Rakyat Merdeka dalam upaya mitigasi perubahan iklim dan pemulihan ekosistem lingkungan. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Siti saat memberikan sambutan acara penanaman 25 ribu pohon mangrove di 25 lokasi berbeda secara serentak di seluruh Indonesia.  

Acara ini merupakan bagian dari perayaan ulang tahun ke-25 Rakyat Merdeka, bekerja sama dengan KLHK dan Society of Renewable Energy (SRE). 

Penanaman mangrove secara simbolis dilakukan oleh Menteri LHK dan CEO Rakyat Merdeka KiKi Iswara di Ekowisata Mangrove, Kapuk Muara, Jakarta, Kamis (25/4/2024). 

Baca juga : Rayakan Ultah Ke-25, Rakyat Merdeka-KLHK Tanam 25 Ribu Mangrove Di 25 Titik

Menurut Menteri Siti, kegiatan ini bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan planet kita, tapi juga sebagai persiapan penting bagi generasi yang akan datang.

"Menanam mangrove tidak hanya tentang memperbaiki kualitas udara atau mengurangi erosi, tetapi juga tentang menyediakan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita,” kata Menteri Siti. 

Menteri Siti mengucapkan selamat kepada Rakyat Merdeka atas dedikasinya dalam pendidikan publik dan pelestarian lingkungan. Kata Menteri Siti, ada kebanggaan khusus yang ketika bekerja bersama masyarakat, terutama melalui inisiatif dan prakarsa dari mereka sendiri. 

"Hampir 10 tahun ini, tidak ada yang lebih membanggakan daripada melihat semangat kolektif dalam usaha pelestarian lingkungan. Ini adalah bukti dari kinerja kita bersama," ungkapnya.

Baca juga : Rakyat Merdeka Adalah Sahabat yang Jujur!

Menteri Siti menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam inisiatif pelestarian lingkungan.

"Sudah hampir 10 tahun ini tidak ada yang lebih membanggakan daripada bekerja bersama masyarakat, khususnya dengan inisiatif dan prakarsa dari mereka," tambahnya, disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.

Dalam kesempatan itu, Menteri Siti membahas tentang pentingnya mempermudah proses penanaman pohon mangrove bagi kalangan pelajar dan mahasiswa. Menurut dia, anak muda adalah harapan masa depan dalam pelestarian lingkungan.

"Kita harus memastikan bahwa kegiatan seperti ini mudah dan dapat diakses oleh semua, terutama oleh generasi muda yang penuh semangat ini," tambahnya.

Baca juga : Hadi: Rakyat Tak Berdaya Berhadapan Dengan Mafia

"Harus mudah, harus gampang, dan harus bisa dilaksanakan," cetusnya.  

Untuk itu, Siti mengungkapkan, kementeriannya saat ini sedang merancang program reward karbon untuk memberikan insentif kepada masyarakat yang terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Mengakhiri pidatonya, Menteri Siti mengajak semua elemen masyarakat untuk terus bekerja sama dalam menjaga konsistensi pelestarian lingkungan. 

"Membangun harmoni dengan alam, marilah kita mulai menanam. Semoga acara ini lancar dan menjadi amal ibadah bagi kita semua dan memberikan manfaat bagi Indonesia," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.