Dark/Light Mode

Peringati Harlah Pancasila, Jokowi Sampaikan Dukungan Untuk Palestina

Sabtu, 1 Juni 2024 16:54 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina dan perdamaian dunia saat memberikan pidato pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tetap konsisten dengan politik bebas aktif, termasuk dalam memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa dan perdamaian dunia.

"Indonesia konsisten memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina, dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi. 

Baca juga : Harlah Pancasila, Tari Bajidor Kahot & Kembang Selaras Hibur Penumpang Whoosh

Presiden juga menyoroti peran Indonesia dalam politik internasional yang semakin kokoh, dengan keberhasilan menjadi pemimpin G20 dan ketua ASEAN, serta kontribusi melalui World Water Forum yang baru saja diselenggarakan. 

"Keaktifan dalam dunia internasional tidak menyurutkan perjuangan kita untuk berdikari dalam bidang ekonomi," ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan rasa syukur atas kekokohan dan stabilitas Indonesia di tengah ketidakpastian global. 

Baca juga : Bamsoet Ungkap, Dunia Internasional Kagumi Pancasila

"Kita patut bersyukur bahwa negara kita Indonesia tetap kokoh, terus stabil, terus bersatu padu, dan terus tumbuh ekonominya di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian," ujar Presiden.

Jokowi menekankan pentingnya Pancasila sebagai panduan arah bangsa di tengah krisis geopolitik global. Menurutnya, modal sosial, budaya, sumber daya manusia, dan alam yang dimiliki Indonesia menjadi fondasi yang kuat untuk memperkokoh kemandirian bangsa. 

"Kita harus terus memperkokoh kemandirian bangsa dan berdikari dalam ekonomi," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.