Dark/Light Mode

6 Bandara AP II Sudah Berangkatkan 66 Persen Calon Haji, Tembus 62 Ribu Orang

Minggu, 2 Juni 2024 20:47 WIB
Calon jemaah haji saat akan berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, salah satu bandara Angkasa Pura II. (Foto: AP II)
Calon jemaah haji saat akan berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta, salah satu bandara Angkasa Pura II. (Foto: AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hingga 30 Mei 2024, enam bandara PT Angkasa Pura II (AP II) telah memberangkatkan hampir 62 ribu calon haji ke Tanah Suci. Angka ini mencapai lebih dari 66 persen dari total target keberangkatan haji tahun ini melalui bandara-bandara AP II.

Enam bandara yang menjadi embarkasi keberangkatan calon haji adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh). 

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro memastikan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan siap untuk memberangkatan calon jemaah haji.

"Keberangkatan calon haji masih terus berlangsung hingga 10 Juni 2024, dan kami memastikan seluruh fasilitas operasional dan pelayanan dapat selalu siap," kata Cin Asmoro.

Suasana keberangkatan calon jemaah haji melalui salah satu bandara Angkasa Pura II. Foto: AP II

AP II memastikan kelancaran keberangkatan haji dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak, termasuk maskapai, ground handling, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, TNI, dan Polri.

Baca juga : Pos Indonesia Sudah Salurkan 97 Persen Bansos Sembako Dan PKH

"Keberangkatan calon haji dari bandara AP II masih terus berlangsung hingga 10 Juni 2024," tambahnya.

Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang tersibuk dalam memberangkatkan calon haji, dengan lebih dari 34.584 jamaah telah terbang menuju Tanah Suci. Fasilitas fast track Makkah Route pun disediakan untuk memperlancar proses imigrasi calon haji.

Sementara Bandara Kertajati di Majalengka juga tak mau kalah. Executive General Manager Bandara Kertajati Indra Crisna menyebutkan, hingga akhir Mei, bandara ini telah memberangkatkan lebih dari 8.354 calon haji dari 30 kloter.

"Fasilitas yang mempermudah akses seperti eskalator dan elevator, lalu juga tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya kami pastikan siap," ujarnya.

Kemudian, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Kualanamu (Deli Serdang) per 30 Mei 2024 mencapai 5.708 calon haji dalam 16 kloter.

Baca juga : BMKG: Cuaca Jakarta Hari Ini Cerah Berawan Sepanjang Hari, Selasa 28 Mei 2024

Sementara di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) sebanyak 6.274 calon haji dalam 14 kloter.

EGM Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Iwan Winaya, mengatakan kolaborasi dengan seluruh stakeholder di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II berjalan dengan baik pada angkutan haji 2024. 

"Kami berharap seluruh penerbangan keberangkatan berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu, jumlah calon haji yang berangkat dari Bandara Minangkabau (Padang) per 30 Mei 2024 sebanyak 6.282 calon haji dalam 16 kloter.

“Keberangkatan calon haji dari Bandara Minangkabau sudah mencapai 90% dari total yang direncanakan, dan penerbangan relatif berjalan dengan baik,” ujar EGM Bandara Minangkabau Indrawansyah. 

Baca juga : Harga Ethereum Melonjak 26 Persen, Tembus Rp 63 Juta

Di Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), calon haji yang berangkat pada 29 - 30 Mei 2024 sebanyak 786 dari 2 kloter. 

“Kloter pertama calon haji diberangkatkan pada 29 Mei lalu dari Bandara Sultan Iskandar Muda, di mana keberangkatannya juga dilepas oleh bapak Wakil Presiden RI. Direncanakan, total kloter yang diberangkatkan ada 12 kloter,” ujar EGM Bandara Sultan Iskandar Muda Darmadi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.