Dark/Light Mode

Wamen LHK Bakal Buka Konsultasi Sinodal Ekologi Di Pekanbaru

Senin, 3 Juni 2024 10:59 WIB
Pendeta Manuel Raintung/Ist
Pendeta Manuel Raintung/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Sinode Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (MS GPIB) akan menyelenggarakan Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB Tahun 2024 di Pekanbaru, Provinsi Riau pada 6-9 Juni 2024.

Ketua II FMS GPIB Pendeta Manuel Raintung mengatakan, Konsultasi Sinodal yang diikuti peserta 25 Musyawarah Pelayanan (Mupel) yang tersebar di 26 provinsi digelar dalam rangka menindaklanjuti hasil Persidangan Sinode XVII Tahun 2000 di Bogor, Jawa Barat, untuk mewujudkan Gereja Ramah Lingkungan (GRL).

“GPIB memahami bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) berdampak negatif bagi lingkungan hidup, sikap materialistis dan konsumtif masyarakat, serta ada pandangan bahwa agama, termasuk Gereja dinilai tidak mampu memenuhi kebutuhan esensial manusia," kata Pendeta Manuel di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Baca juga : Israel Larang Konsulat Spanyol Di Yerusalem Layani Warga Palestina

Dia mengatakan, berawal dari studi-studi teologi terkait isu lingkungan beberapa tahun belakangan hingga deklarasi GPIB sebagai Gereja Ramah Lingkungan, pada HUT ke-75 GPIB di Kota Padang, Sumatera Barat pada 31 Oktober 2023, GPIB menyadari perlunya aksi  berkelanjutan dan berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Konsultasi Ekologi. 

Kegiatan ini, lanjutnya, dimulai dari internalisasi pemahaman Gereja Ramah Lingkungan (GRL) dan praktik Eco Church yang terus disosialisasikan GPIB kepada semua Jemaat di wilayah pelayanan di Indonesia. 

"Green-edukasi, liturgi dan habitus ini diharapkan menumbuhkan wawasan dan perilaku mencintai alam dan lingkungan," kata Pendeta Manuel. 

Baca juga : Agar Tak Jadi Korban Investasi Emas Bodong, Ini Tips Dari Pengamat

Sementara, Ketua Departemen Germasa GPIB, Penatua Irjen Pol (Purn) Alex Mandalika mengapresiasi antusiasme Jemaat, Mupel, dan Unit-unit Misioner GPIB mengikuti kegiatan tahunan ini.

Alex mengungkapkan, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong yang akan menjadi pembicara kunci sekaligus membuka Konsultasi Sinodal Ekologi GPIB Tahun 2024.

Selain itu, akan hadir utusan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), WWF, Kepolisian, Perguruan Tinggi, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan pelaku usaha.

Baca juga : Citra Kayon Hadirkan Sentuhan Teknologi Di Megabuild 2024

"Kami berkoordinasi dengan Musyawarah Pelayanan Sumatera Barat, Riau, dan Bengkulu menyelenggarakan Konsultasi Sinodal Ekologi. Ini menjadi wujud kebersamaan kami sebagai gereja dan masyarakat," jelas Alex.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.