Dark/Light Mode

Sepekan 1Buku Tingkatkan Literasi Siswa SMP dan SMA

Selasa, 4 Juni 2024 15:56 WIB
Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca, di Samarinda, Selasa (4/6). (Foto: Dok. Perpusnas)
Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca, di Samarinda, Selasa (4/6). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapor Pendidikan Indonesia tahun 2023 mencatat, kemampuan literasi siswa Indonesia berada dalam kategori sedang. Persentase siswa yang mencapai kompetensi minimum literasi di SMA 49,26 persen. Masih lebih baik tingkat SMP di angka 59 persen.

Kegiatan Sepekan 1Buku menjadi bagian kampanye literasi dengan target siswa-siswi didik kelas menengah. Sepekan 1Buku mengajak siswa-siswi SMP dan SMA sederajat membiasakan diri untuk membaca. Kampanye ini dirangkaikan dengan kegiatan lomba resensi dalam bentuk tulisan atau video yang diunggah di media sosial Gerakan Indonesia Membaca Perpusnas Nasional (Perpusnas).

Baca juga : 20 Buku Hasil Karya Penulis Inkubator Literasi Diluncurkan

"Tahun ini ada 12 titik kampanye Sepekan 1Buku secara nasional," jelas Pustakawan Utama Perpusnas Subeti Makdriani, pada sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca, di Samarinda, Selasa (4/6).

Gerakan Indonesia Membaca, lanjut Subeti, bertujuan mempromosikan pentingnya membaca sebagai modal utama dalam meningkatkan budaya literasi masyarakat.

Baca juga : Peningkatan Produksi Biomassa PLN Sukses Buka Lapangan Kerja

Untuk mencapai literasi yang tinggi butuh proses budaya baca yang tinggi pula. Karena literasi bukan sekedar baca-tulis tapi kemampuan memahami dan berpikir lebih kritis.

"Jika kaya literasi, bisa dipastikan akan mampu jawab segala persoalan," tambah Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim HM Syafranuddin.

Baca juga : Mitra Bukalapak Perluas Cakupan Literasi Keuangan Ke Medan

Gerakan Indonesia Membaca merupakan inovasi program yang diharapkan mampu meningkatkan akselerasi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

Selain Sepekan 1Buku, kegiatan Membaca Nyaring (Read A Loud), Duta Baca Indonesia Berdaya Dengan Buku, dan Penguatan Kepenulisan Daerah Berbasis Konten Lokal turut menjadi bagian dari kampanye gerakan tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.